Pesawat Wisata Jatuh di Alaska, 6 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 06 Agu 2021 14:10 WIB
Ketchikan Volunteer Rescue Squad personnel land and disembark from a Hughes 369D helicopter on Thursday, Aug. 5, 2021, at Temsco Helicopters Inc in Ketchikan, Alaska. The KVRS, U.S. Coast Guard, Alaska State Troopers and U.S. Forest Service responded to a radio beacon alert from a downed Southeast Aviation de Havilland Beaver float plane that was carrying five passengers from the Holland America Line cruise ship Nieuw Amsterdam, according to Coast Guard, Holland America and KVRS information. The sightseeing plane crashed Thursday in southeast Alaska, killing all six people on board, the U.S. Coast Guard said. (Dustin Safranek/Ketchikan Daily News via AP)
Petugas penyelamat di Alaska yang menemukan puing pesawat wisata yang jatuh (Dustin Safranek/Ketchikan Daily News via AP)
Anchorage -

Sebuah pesawat wisata jatuh saat melakukan penerbangan tamasya di wilayah Alaska bagian tenggara, Amerika Serikat (AS). Sedikitnya enam orang yang ada di dalam pesawat tewas.

Seperti dilansir AFP, Jumat (6/8/2021), Penjaga Pantai AS dalam pernyataannya menyebut para petugas penyelamat merespons suar darurat pada Kamis (5/8) sekitar pukul 11.20 waktu setempat, dari sebuah lokasi berjarak 13 kilometer sebelah timur laut Ketchikan, Alaska.

"Seorang awak helikopter Jayhawk MH-60 dari Pangkalan Udara Penjaga Pantai Sitka menemukan puing-puing pukul 14.37 waktu setempat dan menurunkan dua perenang penyelamat yang melaporkan tidak ada korban selamat," demikian pernyataan Penjaga Pantai AS.

Penjaga Pantai AS menyatakan bahwa awalnya sebuah helikopter melaporkan penampakan puing di sepanjang bukit.

Pesawat yang jatuh itu diidentifikasi sebagai pesawat apung de Havilland Beaver yang bisa mendarat dan mengapung di atas air. Pihak perusahaan pengelola pesawat itu menyebut pesawat membawa lima penumpang dan seorang pilot, dan berangkat dari area Taman Monumen Nasional Misty Fjords.

Para penumpang pesawat disebut sebagai turis dari kapal pesiar Nieuw Amsterdam yang dikelola Holland America Line.

"Kami bisa mengonfirmasi bahwa sebuah pesawat apung yang membawa lima tamu dari Nieuw Amsterdam mengalami kecelakaan di Ketchikan, dan tidak ada korban selamat," demikian pernyataan pihak Holland America Line.