Pesawat Penumpang Rusia Hilang di Siberia Ditemukan, Ada Korban Selamat

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Jumat, 16 Jul 2021 20:06 WIB
Moskow -

Sebuah pesawat penumpang Rusia An-28 sempat dinyatakan hilang dalam penerbangan di Tomsk, wilayah Siberia. Pesawat itu kini telah ditemukan.

Seperti dilansir AFP, Jumat (16/7/2021), pesawat yang membawa 17 penumpang itu hilang di wilayah di Tomsk, Siberia. Pesawat telah ditemukan dan orang-orang yang selamat terlihat, kata para pejabat Rusia.

"Lokasi pendaratan keras pesawat ditemukan. Mereka melihat orang hidup," kata kementerian darurat Rusia dalam sebuah pernyataan.

Mengutip sumber-sumber penerbangan sebelumnya, kantor berita RIA Novosti, TASS dan Interfax melaporkan pesawat itu menghilang dari radar dengan 17 orang di dalamnya. Interfax dan TASS sebelumnya mengatakan ada 13 orang di dalamnya.

Laporan tersebut mengatakan suar darurat pesawat telah diaktifkan dan pencarian sedang berlangsung. Interfax mengatakan pesawat itu melakukan penerbangan untuk maskapai penerbangan regional Siberian Light Aviation dan akan mendarat di ibu kota regional Tomsk.

Insiden itu terjadi setelah sebuah pesawat An-26 jatuh awal bulan ini di semenanjung Kamchatka, timur jauh Rusia, menewaskan semua 28 orang di dalamnya.

Pesawat Antonov diproduksi selama era Uni Soviet dan masih digunakan di seluruh Rusia untuk transportasi sipil dan militer. Pesawat jenis ini telah terlibat dalam sejumlah kecelakaan dalam beberapa tahun terakhir.

(rfs/jbr)