Tabrakan Kereta di Ceko Tewaskan 3 Orang, Puluhan Lainnya Luka-luka

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 23:10 WIB
Berlibur dengan kereta malam semakin digemari di Eropa selama pandemi, lebih aman dibandingkan pesawat?
Ilustrasi (BBC Magazine)
Milavce -

Tiga orang tewas dan puluhan lainnya terluka ketika dua kereta api bertabrakan di sebuah desa di barat Republik Ceko. Kereta ekspres Munich ke Praha bernomor Ex 351 milik perusahaan Jerman Die Laenderbahn, bertabrakan dengan kereta regional yang datang dari arah yang berlawanan, antara Kota Plzen dan Domazlice di Ceko.

Seperti dilansir AFP, Rabu (4/8/2021), tim penyelamat mengatakan dua dari korban tewas adalah pengemudi mesin Ceko, salah satunya mengoperasikan kereta Jerman. Korban ketiga adalah penumpang perempuan di KA regional.

Media lokal melaporkan, beberapa orang asing bepergian dengan kereta api Jerman dan beberapa dari mereka termasuk di antara yang terluka.

"Sayangnya, menurut informasi terbaru, tabrakan kereta api ... telah menewaskan tiga orang dan menyebabkan puluhan orang terluka," kata operator kereta api nasional Sprava zeleznic di Twitter.

"Semua penumpang telah dievakuasi dari kereta api," tambah perusahaan itu.

Polisi nasional mengatakan setiap penumpang diperhitungkan, polisi menambahkan bahwa kecelakaan itu terjadi tak lama setelah pukul 8.00 waktu setempat di Milavce.

Sebelumnya, tim penyelamat mengatakan 31 orang yang hidupnya tidak dalam bahaya sedang dirawat dan tujuh lainnya dalam keadaan kritis.

Menurut rekaman yang ditayangkan di televisi publik Ceko, satu bagian dari kereta Jerman benar-benar hancur, meskipun kedua kendaraan tetap tegak.

Die Laenderbahn mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa berjalannya kereta di sisi Ceko adalah tanggung jawab CD, Ceske drahy, operator kereta penumpang negara bagian.