Diserang Rentetan Roket, Israel Balas Gempur Wilayah Lebanon

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 04 Agu 2021 18:13 WIB
Smoke billows from the northern town of Kiryat Shmona following rocket fire from Lebanon, on August 4, 2021. - Rocket fire from Lebanon hit northern Israel prompting retaliatory shelling, the army said, as tensions rise between Israel and arch foe Iran. (Photo by Jalaa MAREY / AFP)
Kepulan asap tampak di wilayah Israel usai diserang rentetan roket dari Lebanon (AFP/JALAA MAREY)
Tel Aviv -

Rentetan serangan roket yang diluncurkan dari Lebanon mengenai wilayah Israel bagian utara. Sebagai balasannya, militer Israel melancarkan serangan artileri ke wilayah Lebanon.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Rabu (4/8/2021), dinas ambulans Israel, Magen David Adom, menyatakan tidak ada laporan korban jiwa akibat serangan roket dari Lebanon tersebut. Sebuah foto yang diposting ke akun Twitter Magen David Adom menunjukkan kepulan asap membubung dari sebuah ladang.

Sirene peringatan dilaporkan sempat berbunyi di beberapa wilayah Israel saat serangan roket diluncurkan dari Lebanon. Salah satunya terdengar di kota Kiryat Shmona yang terletak dekat perbatasan Lebanon.

"Tiga roket ditembakkan dari Lebanon ke wilayah Israel," demikian pernyataan militer Israel, sembari menyebut satu roket jatuh di area perbatasan dan dua roket lainnya berhasil mencapai bagian dalam wilayah Israel.

"Sebagai tanggapan, pasukan artileri (Israel-red) melepas tembakan ke wilayah Lebanon," imbuh pernyataan itu.

Belum ada pihak maupun kelompok yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan roket terbaru dari Lebanon itu. Perdana Menteri (PM) Israel, Naftali Bennett, menyatakan dirinya dan Menteri Pertahanan (Menhan) Benny Gantz telah mendapatkan 'penjelasan' soal situasi terkini.

Wilayah perbatasan Israel dan Lebanon cenderung tenang sejak Israel terlibat pertempuran tahun 2006 dengan gerilyawan Hibzullah di Lebanon.

Diketahui bahwa faksi kecil Palestina di Lebanon sebelumnya melancarkan serangan secara sporadis ke Israel. Serangan serupa terjadi 20 Juli lalu, saat dua roket ditembakkan dari Lebanon ke Israel. Tidak ada korban luka maupun kerusakan akibat serangan itu. Namun Israel telah membalasnya dengan tembakan artileri.

(nvc/tor)