Kebakaran Hutan di Yunani, 5 Orang Terluka-Lusinan Rumah Terbakar

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 01 Agu 2021 02:29 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Foto: Thinkstock
Patras -

Hutan di dekat kota Patras, Yunani mengalami kebakaran. Imbasnya 5 orang mengalami gangguan pernafasan hingga terluka dan lusinan rumah terbakar.

Seperti dilasnir AFP, Minggu (1/8/2021), pihak pemadam kebakaran masih berupaya memadamkan kebakaran yang terjadi di hutan dekat Patras, kota terbesar ketgia di Yunani. Sekitar 50 truk, 8 pesawat pemadam, hingga helikoter telah dikerahkan oleh otoritas Yunani untuk memadamkan api di wilayah Zeria, Peloponnese atau sekitar 210 kilometer barat Athena.

Pihak berwenang pun terus melakukan evakuasi orang-orang dari empat desa di wilayah tersebut serta dari resor wisata Loggos di dekat pantai.

Otoritas perlindungan sipil menyebut sekitar selusin rumah dilaporkan terbakar. Tak hanya itu lima orang yang mengalami masalah pernapasan juga turut dilarikan ke rumah sakit di wilayah tersebut.

Rumah sakit di Patras dan kota tetangga Aigio telah diberitahu untuk menerima setiap orang yang terluka, sementara itu para penjaga pantai juga telah bersiaga untuk menyelamatkan setiap perenang yang terkena asap. Kebakaran, seperti dilaporkan Kantor pers Yunani ANA, juga mengakibatkan jalan raya antara Peloponnese dan kontinental Yunani telah ditutup.

Berdasarkan informasi, Yunani memang kerap dilanda kebakaran hutan setiap musim panas. Namun para ahli telah memperingatkan pemanasan global yang terjadi bisa meningkatkan frekuensi dan intensitasnya.

Yunani juga disebut telah berada dalam cengkeraman gelombang panas lain sejak Jumat (29/7), dengan suhu berkisar antara 42 dan 44 derajat Celcius (111 Fahrenheit). Beberapa hari yang lalu, bahkan kebakaran melanda Gunung Penteli, dekat ibu kota Athena, namun tidak menimbulkan korban jiwa.

(maa/maa)