Korban Tewas Kebakaran Hutan di Turki Jadi 4 Orang-Puluhan Desa Dievakuasi

Eva Safitri - detikNews
Sabtu, 31 Jul 2021 02:44 WIB
Following the Dixie Fire, a scorched vehicle rests in a driveway in the Indian Falls community of Plumas County, Calif., on Monday, July 26, 2021. (AP Photo/Noah Berger)
Ilustrasi kebakaran hutan (Foto: AP/Noah Berger)
Turki -

Korban tewas akibat kebakaran hutan di pantai selatan Turki telah meningkat menjadi empat. Petugas pemadam kebakaran masih berjuang melawan kobaran api untuk hari ketiga.

Dilansir dari reuters Sabtu (31/7/2021), lebih dari 70 kebakaran hutan telah terjadi minggu ini di provinsi-provinsi di pantai Aegean dan Mediterania Turki serta daerah pedalaman, kata Presiden Tayyip Erdogan, menambahkan bahwa 14 masih terbakar.

Pesawat-pesawat dari Rusia dan Ukraina membantu memadamkan api dan satu lagi dari Azerbaijan yang juga bergabung. "Pada tengah hari, dengan kedatangan pesawat, kami berbalik ke arah yang positif," kata Erdogan kepada wartawan setelah salat Jumat.

Menteri Kehutanan Bekir Pakdemirli mengatakan kebakaran berkobar di enam provinsi. Desa-desa dan beberapa hotel telah dievakuasi di kawasan wisata dan tayangan televisi menunjukkan orang-orang melarikan diri melintasi ladang saat kebakaran melanda rumah mereka.

Pakdemirli mengatakan kebakaran masih berkobar di kawasan resor Mediterania Antalya dan provinsi resor Aegean Mugla.

"Kami berharap untuk mengatasi beberapa kebakaran pada pagi ini, tetapi sementara kami mengatakan dengan hati-hati bahwa mereka membaik, kami masih tidak dapat mengatakan mereka terkendali," katanya.

Kebakaran hutan telah terjadi di tempat lain di wilayah tersebut, dengan lebih dari 40 di Yunani dalam 24 jam terakhir, dihembus oleh angin dan suhu yang melonjak, kata pihak berwenang. Pada hari Selasa, kobaran api melahap hutan pinus di utara Athena, merusak lebih dari selusin rumah sebelum dapat dikendalikan.

Kebakaran juga membakar sebagian besar hutan pinus di pegunungan utara Lebanon minggu ini, menewaskan sedikitnya satu petugas pemadam kebakaran dan memaksa beberapa warga mengungsi.

Di Turki, petugas pemadam kebakaran di darat dan di helikopter memerangi kobaran api yang menewaskan tiga orang di Manavgat, 75 km (45 mil) timur Antalya. Menteri Urbanisasi Murat Kurum mengatakan 27 lingkungan dievakuasi di sana.

Satu orang ditemukan tewas pada hari Kamis di daerah Marmaris Mugla, 290 km sebelah barat Manavgat. Kebakaran berlanjut di Marmaris tetapi daerah pemukiman tidak berisiko, kata Pakdemirli.

Erdogan mengatakan setidaknya lima pesawat, 45 helikopter, drone, dan 1.080 kendaraan pemadam kebakaran terlibat dalam upaya pemadaman kebakaran di 1.140 lokasi.

Kantor gubernur Istanbul melarang masuk ke kawasan hutan hingga akhir Agustus sebagai tindakan pencegahan terhadap kebakaran.

(eva/eva)