Rekor Tertinggi Sejak Januari, China Catat 76 Kasus Corona Sehari

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 15:47 WIB
Residents line up for coronavirus tests at tents set up on the streets of Beijing on Sunday, Dec. 27, 2020. Beijing has urged residents not to leave the city during the Lunar New Year holiday in February, implementing new restrictions and mass testings after several coronavirus infections last week. (AP Photo/Ng Han Guan)
Ilustrasi (dok. AP/Ng Han Guan)
Beijing -

Otoritas China melaporkan lonjakan 76 kasus virus Corona (COVID-19) dalam sehari di wilayahnya. Angka ini mencetak rekor tertinggi untuk tambahan kasus harian di China sejak Januari lalu.

Seperti dilansir AFP, Senin (26/7/2021), lonjakan 76 kasus dalam sehari itu termasuk 40 kasus domestik atau penularan lokal yang mendorong otoritas setempat melakukan tes Corona terhadap jutaan warga di Provinsi Jiangsu.

China diketahui memiliki pendekatan nol risiko terhadap Corona, yang muncul sejak akhir tahun 2019 di kota Wuhan. Negara ini menerapkan lockdown dan tes Corona massal setiap kali wabah atau klaster baru terdeteksi di wilayahnya.

Puluhan ribu orang kini berada di bawah lockdown yang diterapkan di kota Nanjing, Provinsi Jiangsu, dengan otoritas setempat melakukan tes Corona terhadap 9,2 juta warganya usai muncul wabah Corona baru terkait para pekerja bandara setempat pekan lalu.

"Dari 40 kasus domestik, 39 kasus di antaranya dari Provinsi Jiangsu dan satu kasus dari Liaoning," sebut Komisi Kesehatan Nasional China dalam pernyataannya pada Senin (26/7) waktu setempat.

Tidak ada tambahan kematian akibat Corona dalam 24 jam terakhir. China sejauh ini mencatat total 92.605 kasus Corona, dengan 4.636 kematian.

Pelacakan kontak juga menemukan lima individu yang bepergian melalui bandara Nanjing dan dinyatakan positif Corona setibanya di wilayah Anhui dan tiga provinsi lainnya. Hal ini memicu kekhawatiran bahwa klaster baru akan memicu wabah nasional.

Simak juga 'Sanggahan China soal Isu COVID-19 Buatan Manusia dan Lab Wuhan Bocor':

[Gambas:Video 20detik]