Korban Tewas Banjir-Longsor di India Jadi 159 Orang, Puluhan Hilang

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 26 Jul 2021 09:40 WIB
Flooding is common during Indias monsoon season but climate change is making the monsoon stronger, according to a report from the Potsdam Institute for Climate Impact Research INDRANIL MUKHERJEE AFP/File
Banjir di India (INDRANIL MUKHERJEE/AFP/File)
New Delhi -

Korban tewas akibat banjir dan tanah longsor yang dipicu musim penghujan parah di India melonjak menjadi 159 orang. Petugas penyelamat hingga kini masih mencari puluhan orang lainnya yang dilaporkan hilang.

Seperti dilansir AFP, Senin (26/7/2021), wilayah pantai barat India diguyur hujan deras sejak Kamis (22/7) pekan lalu, dengan Departemen Meteorologi India memperingatkan hujan deras masih akan mengguyur hingga beberapa hari ke depan.

Banjir dan tanah longsor tergolong sering terjadi saat musim penghujan melanda India, dengan bangunan yang dibangun secara buruk ambruk setelah berhari-hari diguyur hujan. Para pakar menyebut perubahan iklim juga memicu peningkatan frekuensi dan intensitas untuk banjir tahunan di India.

Di negara bagian Maharashtra, sedikitnya 149 orang dipastikan tewas, termasuk 40 orang yang menjadi korban longsor parah yang melanda area perbukitan desa Taliye yang berjarak 250 kilometer sebelah tenggara Mumbai.

Salah satu warga desa setempat, Jayram Mahaske, yang keluarga terjebak longsor, menuturkan kepada AFP bahwa 'banyak orang hanyut saat berupaya menyelamatkan diri'.

Seorang warga lainnya, Govind Malusare, menyebut jenazah keponakannya telah ditemukan usai longsor menerjang rumah keluarganya, namun ibunda, saudara laki-laki, saudara ipar dan keponakannya yang lain masih hilang.

Beberapa warga menuturkan kepada AFP bahwa puluhan rumah rata dengan tanah dalam hitungan detik, dengan hanya dua bangunan berstruktur beton yang masih berdiri. Aliran listrik ke desa tersebut juga masih terputus.

Di distrik Satara, yang masih termasuk negara bagian Maharashtra, banjir dan longsor dilaporkan menewaskan 41 orang setelah 28 jenazah korban ditemukan.

Lihat video 'Diperkirakan 100 Korban Tewas Akibat Banjir dan Longsor di India':

[Gambas:Video 20detik]