4 Hari Berturut-turut, Thailand Cetak Rekor Tertinggi Kasus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 16:22 WIB
Otoritas pemerintah Thailand kembali melakukan lockdown karena melonjaknya kasus penyebaran COVID-19 varian Alpha dan Delta. Yuk kita lihat suasananya.
Situasi pandemi Corona di Thailand (dok. Getty Images)

Otoritas Thailand juga memberlakukan larangan nasional untuk perkumpulan di tempat umum, dengan hukuman maksimum dua tahun penjara atau denda maksimum 40.000 Baht mengancam para pelanggarnya.

Pekan lalu, Kementerian Kesehatan Thailand mengumumkan rencana untuk menggabungkan vaksin Corona buatan Sinovac dan AstraZeneca dalam program vaksinasi nasional untuk meningkatkan imunitas melawan Corona.

Otoritas Thailand menyatakan akan menyuntikkan vaksin Sinovac sebagai dosis pertama dan vaksin AstraZeneca sebagai dosis kedua. Diyakini otoritas kesehatan Thailand bahwa kombinasi kedua vaksin akan meningkat imunitas melawan Corona, khususnya varian Delta yang sangat mudah menular.

Namun, kepala ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa praktik mencampurkan vaksin Corona berbeda merek dan jenis merupakan 'tren berbahaya' karena masih sedikit data yang tersedia soal dampak kesehatannya.


(nvc/ita)