Yordania Protes Tindakan Israel Bubarkan Jemaah Palestina di Al-Aqsa

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 19 Jul 2021 11:39 WIB
Terbang di langit Palestina, terlihat jelas kompleks suci yang disebut Al Haram Asy-Syarif. Di tempat tersebut terdapat dua tempat suci yang penamaannya sering tertukar: Masjid Al Aqsa dan Kubah Shakhrakh atau Dome of Rock.
Ilustrasi -- Kompeks Masjid Al-Aqsa (dok. Getty Images/David Silverman)
Amman -

Tentara Israel menggunakan kekerasan saat membubarkan para jemaah dan demonstran Palestina dari kompleks Masjid Al-Aqsa pada Minggu (18/7) pagi waktu setempat. Israel juga dituduh membiarkan ribuan ekstremis Yahudi memasuki kompleks Al Haram Al-Sharif.

Seperti dilansir Arab News, Senin (19/7/2021), otoritas Yordania melayangkan protes resmi kepada Israel terkait peristiwa tersebut.

Tentara Angkatan Bersenjata Israel dianggap gagal menghentikan para ekstremis Yahudi untuk berdoa di situs suci tersebut, yang jelas melanggar perjanjian sejak lama yang melarang warga Yahudi berdoa di dalam kompleks suci itu.

Diketahui bahwa kompleks Al Haram al-Sharif yang menjadi lokasi Masjid Al-Aqsa, juga disucikan oleh warga Yahudi yang menyebutnya sebagai Temple Mount dan diyakini menjadi lokasi dua kuil Yahudi pada era-Alkitab.

Pada Minggu (18/7) waktu setempat, tentara-tentara Israel dilaporkan menembakkan granat kejut dan gas air mata ke arah tempat suci bagi umat Muslim, yang memicu korban luka di kalangan jemaah Palestina dan memicu kerusakan terhadap situs tersuci ketiga bagi umat Muslim tersebut.

Kementerian Luar Negeri Yordania mengirimkan surat untuk memprotes secara resmi sikap tentara Israel tersebut. Yordania menyerukan agar Israel menghentikan provokasi dan menghormati status quo terkait kompleks Masjid Al-Aqsa.

"Untuk menghentikan pelanggaran dan provokasi, menghormati status quo historis dan legal, menghormati kesucian masjid dan kebebasan beribadah, dan menghormati wewenang Departemen Wakaf Yerusalem dan Urusan Masjid Al-Aqsa," tegas Kementerian Luar Negeri Yordania dalam pernyataannya.

Simak juga video 'Tak Ada Perayaan Idul Adha Bagi Warga Palestina di Gaza':

[Gambas:Video 20detik]