Lakukan Penyerangan di Rumah Sakit, 10 Pria Bersenjata di Baghdad Ditangkap

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 18 Jul 2021 05:39 WIB
ilustrasi kejahatan kriminal perampokan pembunuhan pemerkosaan pencopetan
Ilustrasi kriminal (Foto: andi saputra)
Baghdad -

Komplotan pria bersenjata menyerang sebuah rumah sakit di Baghdad, Irak, diduga buntut dari tewasnya 4 pasien COVID-19 karena kehabisan oksigen. Kelompok tersebut akhirnya berhasil ditangkap kepolisian setempat.

"Pasukan keamanan menangkap sebuah kelompok bersenjata yang menyerang Rumah Sakit Al-Kindi, salah satu yang utama di Ibu Kota Irak," kata sebuah pernyataan polisi, seperti dilansir dari AFP, Minggu (18/7/2021).

Komplotan pria bersenjata yang terlibat penyerangan itu berjumlah 10 orang. Mereka adalah keluarga dari salah satu dari empat pasien COVID-19 yang meninggal karena kehabisan oksigen saat ventilator mati karena pemadaman listrik.

Situasi di rumah sakit di Irak sering terjadi bencana selama pandemi. Ada dua kebakaran mematikan dalam waktu kurang dari 3 bulan di rumah sakit pasien Covid-19, dengan satu kejadian menewaskan lebih dari 80 orang di Baghdad pada April dan terbaru setidaknya 60 tewas pada Senin di Nassiriya selatan.

Sejak awal pandemi, Corona di Irak telah merenggut lebih dari 17.700 nyawa. Banyak rumah sakit khusus Covid-19 dengan cepat dibangun untuk merawat pasien.

(fas/fas)