52 Orang Tewas Akibat Kebakaran RS COVID-19 di Irak, 22 Luka

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 13 Jul 2021 10:37 WIB
Ilustrasi Kebakaran. Andhika Akbarayansyah/detikcom.
Ilustrasi (dok. Thinkstock)
Baghdad -

Korban tewas dalam kebakaran sebuah rumah sakit yang merawat pasien virus Corona (COVID-19) di Nassiriya, Irak, bertambah menjadi 52 orang. Kebakaran ini diduga disebabkan oleh ledakan tabung oksigen.

Seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (13/7/2021), kebakaran yang melanda rumah sakit Al-Hussein ini terjadi pada Senin (12/7) tengah malam dan kini telah berhasil dipadamkan oleh pasukan pertahanan sipil setempat.

Juru bicara otoritas kesehatan setempat, Haydar al-Zamili, menuturkan pada Selasa (13/7) pagi waktu setempat bahwa 52 jenazah korban ditemukan dan 22 orang lainnya mengalami luka-luka.

Api dilaporkan menghanguskan dan merusak bagian bangsal isolasi COVID-19 pada rumah sakit tersebut. Diketahui bahwa bangsal tersebut memiliki 70 tempat tidur pasien.

"Para korban meninggal karena luka bakar dan pencarian terus berlanjut," ucap Al-Zamiliki dalam pernyataannya, sembari menekankan bahwa ada kekhawatiran korban terjebak di dalam gedung rumah sakit.

Ketika petugas penyelamat menyisir gedung yang hangus dilalap api untuk mencari jenazah korban, Perdana Menteri (PM) Mustafa al-Kadhimi menggelar rapat darurat dengan jajaran menteri senior dan memerintahkan penonaktifan serta penangkapan pejabat kesehatan dan pertahanan sipil di Nassiriya.

Manajer rumah sakit tersebut juga ikut dinonaktifkan dan diperintahkan untuk ditangkap.

Simak video 'Bertambah! Korban Tewas Kebakaran RS Covid-19 di Irak Jadi 50 Orang':

[Gambas:Video 20detik]