Presiden Haiti Ditembak Mati Pembunuh, Begini Kesaksian Istrinya!

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Minggu, 11 Jul 2021 11:53 WIB
Port-au-Prince -

Istri mendiang Presiden Haiti Jovenel Moise akhirnya angkat suara usai kejadian nahas yang dialami dirinya dan sang suami beberapa waktu lalu. Martine Moise pun menceritakan apa yang dialami keduanya melalui pesan audio yang diunggahnya di Twitter.

"Saya hidup, terima kasih kepada Tuhan," katanya dengan bahasa Kreol mengawali pernyataan publik pertamanya usai insiden, seperti dilansir AFP, Minggu (11/7/2021).

"Saya masih hidup tetapi saya telah kehilangan suami saya Jovenel," tambahnya.

Wanita tersebut pun menceritakan bagaimana awal para pelaku memasuki kediaman mereka dan melakukan penyerangan tiba-tiba.

"Dalam sekejap mata, tentara bayaran memasuki rumah saya dan menembaki suami saya dengan peluru ... bahkan tanpa memberinya kesempatan untuk mengatakan sepatah kata pun," katanya masih dalam pesan audionya.

"Saya menangis, itu benar, tetapi kita tidak bisa membiarkan negara kehilangan arah," katanya. "Kita tidak bisa membiarkan darahnya... tumpah dengan sia-sia."

Diketahui Martine Moise dilarikan ke rumah sakit Haiti setelah serangan pada Rabu (7/7) dini hari waktu setempat. Karena luka parah yang dideritanya, ia dipindahkan ke Miami untuk menjalani perawatan intensif.

Hingga kini otak dan motif pembunuhan Moise masih menyisakan tanda tanya. Menurut keterangan polisi Haiti, pembunuhan dilakukan oleh sebuah unit komando beranggotakan 28 orang. Tim pembunuh itu disebut terdiri atas 26 warga Kolombia dan dua warga AS keturunan Haiti.