Round-Up

Teka-teki Pembunuhan Keji Presiden Haiti

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 08 Jul 2021 23:38 WIB
Presiden Haiti, Jovenel Moise, tewas dibunuh dalam serangan di kediaman pribadinya pada Rabu (7/7) dini hari.
Presiden Haiti, Jovenel Moise (AP Photo)
Jakarta -

Presiden Haiti Jovenel Moise tewas dibunuh dengan keji di kediamannya pada Rabu kemarin. Meski sejumlah orang ditangkap usai kejadian, pembunuhan Jovenel Moise masih meninggalkan teka-teki.

Kabar pembunuhan Moise itu disampaikan oleh Perdana Menteri (PM) interim, Claude Joseph, seperti dilansir AFP, Rabu (7/7/2021). Joseph menyatakan dirinya kini yang bertanggung jawab atas Haiti.

Moise yang berusia 53 tahun dibunuh dalam serangan dini hari, sekitar pukul 01.00 waktu setempat. Pernyataan resmi Joseph menyebut para penyerang berbicara bahasa Spanyol, namun tidak ada penjelasan lebih lanjut.

"Sekelompok individu yang belum teridentifikasi, beberapa dari mereka berbicara bahasa Spanyol, menyerang kediaman pribadi Presiden Republik ini dan melukai secara fatal sang Kepala Negara," demikian pernyataan Joseph.

Ibu Negara, Martine Moise, juga terkena tembakan dalam serangan itu namun berhasil selamat meski mengalami luka-luka. Joseph menyebut dalam pernyataannya bahwa sekelompok individu bersenjata menyerang kediaman Moise dini hari warga asing.

"Presiden dibunuh di rumahnya oleh sejumlah warga asing yang berbicara bahasa Inggris dan Spanyol," sebut Joseph.

Duta Besar Haiti untuk Amerika Serikat (AS) Bocchlt Edmond menyebut pelaku yang membunuh Presiden Haiti Jovenel Moise adalah tentara bayaran 'profesional'. Pelaku menyamar sebagai pasukan agen Drug Enforcement Administration atau DEA AS.

"Itu adalah serangan yang diatur dengan baik dan itu adalah para profesional," kata Edmond kepada wartawan, seperti dilansir dari AFP, Kamis (8/7/2021).

"Kami memiliki video dan kami yakin itu adalah tentara bayaran," tambahnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Simak Video: Dua Lagi Terduga Pembunuh Presiden Haiti Ditangkap, 7 Tewas

[Gambas:Video 20detik]