Pesawat Kargo Boeing 737 Mendarat Darurat di Perairan Hawaii

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 03 Jul 2021 12:51 WIB
FILE PHOTO: The Boeing logo is pictured at the Latin American Business Aviation Conference & Exhibition fair (LABACE) at Congonhas Airport in Sao Paulo, Brazil, Aug. 14, 2018. REUTERS/Paulo Whitaker/File Photo
Ilustrasi (REUTERS/Paulo Whitaker/File Photo)
Honolulu -

Sebuah pesawat kargo jenis Boeing 737-200 berhasil melakukan pendaratan darurat di perairan Samudra Pasifik, tepatnya di lepas pantai Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat (AS). Dua orang yang ada di dalam pesawat kargo itu berhasil diselamatkan usai melakukan pendaratan darurat yang tidak biasa itu.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (3/7/2021), Otoritas Penerbangan Federal AS (FAA) dalam pernyataannya menyebut pendaratan darurat itu dilakukan pada Jumat(2/7) dini hari waktu setempat. FAA menyatakan dua awak yang ada di dalam pesawat kargo itu berhasil diselamatkan oleh Penjaga Pantai AS.

"Pilot melaporkan masalah mesin dan berupaya terbang kembali ke Honolulu ketika mereka terpaksa mendaratkan pesawat di atas air," demikian pernyataan FAA.

Pesawat kargo milik maskapai Transair dengan nomor penerbangan 810 ini berhasil melakukan pendaratan darurat pada Jumat (2/7) dini hari, sekitar 02.30 waktu setempat. FAA dan Badan Keselamatan Transportasi (NTSB) menyatakan akan menyelidiki insiden ini.

Menurut data penerbangan dari FlightAware.com, pesawat kargo itu lepas landas dari Honolulu pada Jumat (2/7) dini hari, sekitar pukul 01.33 waktu setempat dan mengudara ke Kahului, namun dengan cepat terbang kembali ke arah Honolulu. Penerbangan kargo itu berakhir 36 menit kemudian.

Helikopter milik Penjaga Pantai AS menemukan lokasi puing-puing pesawat di lautan dan mendapati salah satu awak berpegangan pada ekor pesawat. Awak tersebut diterbangkan dengan helikopter ke rumah sakit setempat.

Satu awak lainnya ditemukan berada di atas sejumlah paket yang mengapung di lautan dan berhasil dievakuasi oleh kapal penyelamat milik Departemen Pemadam Kebakaran Honolulu.