Round-Up

Strategi Berbagi Kasih di Negeri Jiran Lewat Bendera Putih

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 29 Jun 2021 23:05 WIB
Workers put up a Malaysian flag ahead of the 27th Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) Summit at the Kuala Lumpur convention center on November 18, 2015.  Malaysia will host the 27th ASEAN summit from November 18-22.    AFP PHOTO / MANAN VATSYAYANA (Photo by MANAN VATSYAYANA / AFP)
Foto: Malaysia (AFP/MANAN VATSYAYANA)
Kuala Lumpur -

Masyarakat di negeri jiran Malaysia melakukan hal berbeda di tengah pandemi Corona. Mereka menyuarakan gerakan #benderaputih via media sosial untuk membantu sesama yang sangat membutuhkan makanan dan pasokan kebutuhan pokok selama pandemi, tanpa perlu mengemis.

Bagaimana bendera putih bisa membantu mereka memenuhi kebutuhan?

Seperti dilansir Malay Mail, Selasa (29/6/2021), gerakan ini dimaksudkan untuk masyarakat Malaysia yang membutuhkan bantuan. Mereka hanya perlu memasang bendera berwarna putih di luar rumah sebagai tanda.

Bendera putih itu nantinya akan menjadi penanda dan membuat orang-orang yang mampu memberikan bantuan untuk mengetahui rumah mana saja yang sedang menghadapi kesulitan ekstrem di tengah pandemi.

Seruan ini semakin ramai di media sosial lantara berbagai laporan menyebutkan warga Malaysia kini tengah menuju ke titik terendah akibat adanya penutupan ekonomi nyaris total dan tanpa batas waktu yang jelas akibat Corona.

"Kibarkan bendera putih di rumah Anda jika Anda membutuhkan bantuan dengan makanan dan kebutuhan pokok. Jangan mengambil tindakan yang akan menyakiti Anda dan orang yang Anda cintai," demikian bunyi salah satu poster yang mempromosikan gerakan #benderaputih.

"Hindari stres. Tidak perlu mengemis atau mempermalukan diri. Hanya kibarkan bendera putih. Mohon kiranya ada pihak yang akan membantu," imbuh poster tersebut.

Gerakan ini pun mulai diadopsi oleh warga Malaysia. Mereka juga menganggap gerakan ini 'menghangatkan hati' dan terjadi di waktu yang tepat.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.