Vatikan Beri Sanksi 2 Uskup Polandia karena Tutupi Skandal Seks Pastor

Tim Detikcom - detikNews
Sabtu, 26 Jun 2021 14:34 WIB
Belum lama ini Vatikan melaporkan kasus pertama terkait penyebaran virus corona. Kasus tersebut menambah daftar panjang kota dan negara yang terdampak COVID-19.
Vatikan (Foto: AP Photo/Andrew Medichini)
Jakarta -

Vatikan menjatuhkan sanksi kepada dua uskup Polandia karena menutup-nutupi serangan seksual terhadap anak-anak di bawah umur oleh pastor.

Menurut layanan pers Konferensi Uskup Polandia, Stefan Regmunt, uskup Gora dan Gorzow di Polandia barat daya, dan Stanislaw Napierala, pensiunan uskup Kalisz, Polandia tengah, adalah dua orang yang terlibat.

Kedua uskup itu didapati telah bertindak lalai saat dihadapkan pada serangan-serangan terhadap anak-anak di bawah umur yang dilakukan oleh para pastor di dua keuskupan tersebut.

Seperti diberitakan kantor berita AFP, Sabtu (26/6/2021), sebagai akibat dari sanksi tersebut, mereka dilarang melakukan pelayanan publik dan harus menyumbang ke yayasan Katolik untuk perlindungan anak di bawah umur.

Kasus mereka hanyalah yang terbaru dari serangkaian panjang skandal seksual yang menimpa gereja Katolik di Polandia.

Sebelumnya pada bulan Mei lalu, Vatikan juga memberikan sanksi kepada dua uskup Polandia lainnya karena alasan yang sama.

Pada bulan Maret lalu, jaksa Polandia mengajukan tuntutan serupa terhadap rekan dekat mendiang Paus Yohanes Paulus II, Kardinal Stanislaw Dziwisz, dan tiga uskup lainnya, karena menutupi pelecehan seksual terhadap anak-anak.