Bayi Panda Kembar Dilahirkan di Kebun Binatang Jepang

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 17:18 WIB
Ueno Zoological Gardens staff member Naoya Ohashi points to a screen showing an image of giant panda Shin Shin with the first of her newly-born twin cubs at Tokyos Ueno Zoo on June 23, 2021. (Photo by Behrouz MEHRI / AFP)
Induk panda Shin Shin bersama bayi kembar yang baru dilahirkannya di kebun binatang Ueno, Jepang (AFP/BEHROUZ MEHRI)
Tokyo -

Seekor induk panda yang ada di kebun binatang Ueno, Tokyo, Jepang, melahirkan sepasang bayi panda kembar. Beberapa pekan lalu, kabar kehamilan induk panda itu sempat memicu kenaikan nilai saham restoran-restoran di sekitar kebun binatang tersebut karena prospek lonjakan pengunjung.

Seperti dilansir AFP, Rabu (23/6/2021), pihak kebun binatang Ueno mengumumkan kelahiran bayi panda kembar itu pada Rabu (26/3) pagi waktu setempat. Jenis kelamin dua bayi panda itu belum bisa dikonfirmasikan.

"Para petugas saat ini melakukan yang terbaik untuk melindungi dan mengamati induk dan bayi-bayinya," demikian pernyataan pihak kebun binatang Ueno.

Pihak kebun binatang akan memberikan penjelasan lebih lanjut dan merilis foto dua bayi panda kembar itu di kemudian hari.

Induk panda yang bernama Shin Shin sempat memicu kenaikan nilai saham restoran-restoran di dekat kebun binatang pada awal bulan ini, ketika kehamilannya diumumkan ke publik. Para investor mengantisipasi lonjakan pengunjung area sekitar kebun binatang setelah Shin Shin melahirkan.

Nilai saham pada salah satu restoran China di dekat kebun binatang itu dilaporkan sempat melonjak 30 persen saat Shin Shin diumumkan hamil dan naik sekitar 6,4 persen pada Rabu (23/6) pagi waktu setempat.

Penjaga kebun binatang Ueno dalam kondisi siaga untuk kabar kehamilan setelah induk panda Shin Shin dan panda jantan bernama Ri Ri terpantau kawin pada awal Maret lalu. Pasangan panda itu juga menjadi induk dari seekor panda betina bernama Xiang Xiang yang lahir pada Juni 2017 dan menjadi daya tarik utama kebun binatang tersebut.

Tonton juga Video: InstaTalk!: Mengenal Keunikan dari Giant Panda Taman Safari

[Gambas:Video 20detik]



Shin Shin sebenarnya dijadwalkan untuk dipulangkan ke China sekitar dua tahun usai melahirkan tahun 2017 lalu, namun otoritas Jepang berhasil merundingkan agar Shin Shin tinggal lebih lama di Jepang. Kini, Shin Shin akan dipulangkan ke China pada akhir tahun.

Panda menjadi binatang yang sangat populer di seluruh dunia dan China meminjamkan panda-panda dari wilayahnya ke berbagai negara sebagai bagian dari program 'diplomasi panda' untuk membina hubungan luar negeri.

Panda dikenal buruk dalam reproduksi, namun tahun lalu sejumlah kelahiran bayi pandam dilaporkan di berbagai negara. Pada awal Juni ini, seekor panda di Malaysia melahirkan bayi ketiganya selama berada di negara tersebut.

Di Washington DC, Amerika Serikat, kelahiran seekor bayi panda bernama Xiao Qi Ji pada Agustus 2020 lalu mampu membuat lebih dari 1 juta orang menonton gerak-geriknya melalui 'Panda Cam' yang diakses secara online.

(nvc/idh)