4 Agen Arab Saudi Pembunuh Khashoggi Pernah Latihan Paramiliter di AS

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 23 Jun 2021 11:46 WIB
FILE PHOTO: Saudi dissident Jamal Khashoggi speaks at an event hosted by Middle East Monitor in London Britain, September 29, 2018. Picture taken September 29, 2018. Middle East Monitor/Handout via REUTERS/File Photo  ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY
Jamal Khashoggi (Middle East Monitor/Handout via REUTERS/File Photo)

Bremer menyebutkan bahwa empat anggota tim pembunuh Khashoggi menerima pelatihan tahun 2017, dengan dua orang di antaranya telah berpartisipasi dalam pelatihan sebelumnya pada Oktober 2014 hingga Januari 2015.

Dalam keterangannya, Bremer bersikeras menyatakan bahwa pelatihan itu 'bersifat protektif' dan 'tidak terkait dengan tindakan keji yang mereka lakukan setelahnya'.

Dituturkan juga oleh Bremer, menurut NYT, bahwa Departemen Luar Negeri AS dan badan-badan pemerintahan lainnya bertanggung jawab untuk memeriksa latar belakangan setiap anggota pasukan asing yang dilatih di wilayah AS.

Sementara itu, dalam tanggapan terhadap laporan NYT, juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Ned Price, mengatakan bahwa di bawah undang-undang, Departemen Luar Negeri tidak bisa mengomentari 'aktivitas lisensi ekspor pertahanan yang dituduhkan dalam laporan media'.

Price menyatakan kebijakan AS terhadap Saudi 'akan memprioritaskan penegakan hukum dan menghormati hak asasi manusia'.

Khashoggi yang berstatus penduduk AS dan menulis kolom untuk media terkemuka The Washington Post ini dikenal kritis terhadap Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MBS). Laporan intelijen AS yang dirilis Februari lalu menyebut MBS menyetujui operasi untuk menangkap atau membunuh Khashoggi.

Menurut laporan intelijen AS itu, ada tujuh anggota unit elite yang ditugaskan melindungi MBS, yang menjadi bagian tim pembunuh Khashoggi. Jasad Khashoggi yang dilaporkan dimutilasi, tidak pernah ditemukan. Setelah sempat membantah, Saudi akhirnya mengklaim pembunuhan Khashoggi dilakukan oleh agen-agennya yang bertindak sendiri.

Persidangan tidak jelas yang digelar di Saudi berujung divonis matinya lima orang terkait pembunuhan itu, yang belakangan diperingan menjadi hukuman 20 tahun penjara setelah keluarga Khashoggi memberikan pengampunan. Tiga orang lainnya divonis hukuman penjara puluhan tahun.


(nvc/idh)