47 Orang Tewas dalam Pertempuran di Yaman

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Minggu, 20 Jun 2021 03:17 WIB
Koalisi militer pimpinan Arab Saudi menyerang Ibu Kota Yaman, Minggu (7/3) waktu setempat. Asap hitam membubung tinggi usai serangan udara dilancarkan.
Ilustrasi serangan di Yaman (Foto: AP Photo/Hani Mohammed)

Yaman telah porak-poranda akibat perang saudara yang pecah pada tahun 2014. PBB menyebut peristiwa itu mengakibatkan jutaan warga sipil berada di ambang kelaparan.

Houthi telah berulang kali menuntut pembukaan kembali bandara di ibukota utara Sanaa yang dikuasai pemberontak sebelum menyetujui gencatan senjata. Selain serangan berdarah di Marib, Houthi juga meningkatkan serangan drone dan rudal ke sasaran Saudi, termasuk fasilitas minyaknya.

Pertahanan udara Saudi pada hari Sabtu mencegat dan menghancurkan 11 pesawat tak berawak yang ditembakkan ke kerajaan oleh pemberontak Houthi di Yaman. Hal itu dilaporkan oleh media pemerintah Saudi yang mengutip koalisi yang memerangi pemberontak.

"Operasi intersepsi berhasil," kata koalisi dalam sebuah pernyataan. Mereka menambahkan bahwa pesawat tak berawak itu dikemas dengan bahan peledak dan tujuh dinetralkan di wilayah udara Yaman.


(lir/lir)