Biden Pertanyakan Niat China Selidiki Asal-usul Virus Corona

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 13:04 WIB
Joe Biden (Brendan Smialowski/AFP/Getty Images)
Presiden AS Joe Biden (Foto: Brendan Smialowski/AFP/Getty Images)
Washington DC -

Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menilai China berusaha memproyeksikan diri sebagai negara bertanggung jawab atas pandemi virus Corona (COVID-19), namun masih belum jelas apakah otoritas China benar-benar berupaya memahami asal-usul virus tersebut.

Seperti dilansir Reuters, Kamis (17/6/2021), pernyataan itu disampaikan Biden saat ditanya apakah dirinya akan menghubungi Presiden China, Xi Jinping, sebagai 'teman lama dengan teman lama' untuk memintanya menerima kembali para penyidik Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

"Mari kita luruskan sesuatu: Kita saling mengenal satu sama lain, kita bukan teman lama. Itu hanya murni bisnis," tegas Biden.

Biden memperjelas bahwa dirinya tetap skeptis soal kerja sama yang dilakukan China dengan penyelidikan WHO dalam menelusuri asal-usul Corona.

"China berusaha sangat keras untuk memproyeksikan dirinya sebagai negara yang bertanggung jawab dan sangat, sangat terbuka, dan mereka berupaya keras untuk berbicara soal bagaimana mereka membantu dunia dalam hal hal COVID-19 dan vaksin," sebut Biden.

"Dengar, hal-hal tertenu yang tidak perlu Anda jelaskan kepada orang-orang di dunia, mereka melihat hasilnya. Apakah China sebenarnya sungguh-sungguh berupaya mencari kejelasan dari ini?" tanyanya.

Pada Mei lalu, Biden memerintahkan para penasihatnya untuk mencari jawaban soal asal-usul virus yang memicu COVID-19, yang pertama dilaporkan di kota Wuhan, China. Biden juga mengungkapkan bahwa badan intelijen AS tengah menyelidiki teori-teori saingan, termasuk potensi kebocoran laboratorium di Wuhan.

Selanjutnya
Halaman
1 2