AS Sebut Dugaan Virus Corona Bocor dari Lab Wuhan Masuk Akal

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 08 Jun 2021 10:08 WIB
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto)
Washington DC -

Sebuah laporan soal asal-usul virus Corona (COVID-19) yang disusun laboratorium nasional pemerintah Amerika Serikat (AS) menyimpulkan hipotesis yang mengklaim virus Corona bocor dari sebuah laboratorium di Wuhan, China, adalah masuk akal dan layak untuk diselidiki lebih lanjut.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (8/6/2021), laporan itu diungkapkan oleh media terkemuka AS, The Wall Street Journal (WSJ), dengan mengutip sejumlah sumber yang memahami isi dokumen rahasia tersebut.

Laporan yang merupakan hasil kajian Laboratorium Nasional Lawrence Livermore di California, AS, itu dipersiapkan sejak Mei 2020 dan dirujuk oleh Departemen Luar Negeri AS ketika mereka melakukan penyelidikan soal asal-usul Corona pada bulan-bulan terakhir pemerintahan mantan Presiden Donald Trump.

Menurut WSJ, hasil kajian Lawrence Livermore itu mengacu pada analisis genomika virus Corona.

Pihak Laboratorium Nasional Lawrence Livermore menolak untuk mengomentari laporan WSJ.

Bulan lalu, Presiden Joe Biden memerintahkan penyelidikan lebih lanjut untuk mencari jawaban soal asal-usul virus Corona. Biden menyerukan lebih banyak informasi intelijen soal asal-usul virus Corona, mencakup teori kebocoran laboratorium, yang dikumpulkan dan dianalisis sebelum dilaporkan kepadanya.

Pada saat itu, Biden mengungkapkan bahwa badan-badan intelijen AS tengah mempertimbangkan dua skenario paling mungkin -- antara virus Corona dihasilkan dari insiden laboratorium atau muncul dari kontak manusia dengan hewan yang terinfeksi -- namun mereka belum mencapai kesimpulan yang pasti.

Simak video 'Joe Biden Desak Intel AS Selidiki Asal Corona':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2