China Luncurkan 3 Astronaut ke Stasiun Luar Angkasa

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 17 Jun 2021 09:44 WIB

Untuk mempersiapkan misi ini, para astronaut menjalani pelatihan selama lebih dari 6.000 jam, termasuk melakukan ratusan jungkir balik di bawah air dengan perlengkapan luar angkasa penuh.

Nie Haisheng yang menjadi komandan misi ini merupakan seorang pilot Angkatan Udara berprestasi pada Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) yang sudah dua kali berpartisipasi dalam misi luar angkasa. Dua astronaut lainnya, yang menurut Associated Press bernama Tang Hongbo dan Liu Boming, juga disebut sebagai personel militer China.

Badan Antariksa China merencanakan total 11 misi yang akan diluncurkan hingga akhir tahun depan, guna menyelesaikan perakitan Tiangong di orbit, termasuk pemasangan panel surya dan dua modul laboratorium untuk memperluas stasiun luar angkasa tersebut. Tiga misi di antaranya akan membawa astronaut-astronaut lainnya untuk rotasi awak stasiun luar angkasa tersebut.

Awak pertama akan menguji coba dan memelihara sistem di dalam stasiun luar angkasa tersebut, melakukan spacewalk dan melakukan eksperimen ilmiah.

Begitu perakitan selesai sepenuhnya, menurut Badan Antariksa China, Tiangong akan memiliki berat sekitar 90 ton dan diperkirakan memiliki umur hingga 10 tahun. Stasiun Tiangong akan lebih kecil dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dan mirip dengan stasiun luar angkasa era Uni Soviet, Mir, yang diluncurkan tahun 1986 dan dinonaktifkan tahun 2001.


(nvc/ita)