Zhurong, Kendaraan Luar Angkasa China Tinggalkan Jejak di Mars

Novi Christiastuti - detikNews
Jumat, 11 Jun 2021 15:20 WIB
The Zhurong rover, named after a mythical Chinese fire god, has been studying the topography of a vast Martian lava plain known as the Utopia Planitia HANDOUT (China National Space Administration (CNSA)/AFP)
Kendaraan luar angkasa China, Zhurong, yang menjelajah permukaan Mars (China National Space Administration (CNSA)/AFP)
Beijing -

Kendaraan luar angkasa China, Zhurong, berusaha meninggalkan jejak di Mars. Foto yang dirilis oleh badan antariksa China menunjukkan momen saat Zhurong melakukan pose mirip burung yang melebarkan sayapnya saat menjelajahi permukaan planet merah ini.

Seperti dilansir AFP, Jumat (11/6/2021), Zhurong mendarat di permukaan Mars sejak Mei lalu, yang menjadi kesuksesan pertama dalam mendaratkan kendaraan luar angkasa oleh negara manapun. Misi pertama di Mars menjadi tonggak bagi China dalam upayanya mendapatkan status negara adidaya luar angkasa.

Wahana luar angkasa yang diberi nama dewa api mitos China itu, telah mempelajari topografi daratan lava Mars yang luas dan dikenal sebagai Utopia Planitia.

Foto-foto yang dirilis Badan Luar Angkasa Nasional China pada Jumat (11/6) waktu setempat, menunjukkan jejak di tanah merah yang ditinggalkan Zhurong setelah membentuk platform pendaratan yang dihiasi bendera China berukuran besar.

Jejak itu disebut sebagai 'jejak China' oleh Badan Luar Angkasa Nasional China.

Kendaraan luar angkasa beroda enam, bertenaga surya, dan seberat 240 kilogram itu diperkirakan akan menghabiskan waktu tiga bulan untuk mengambil foto, memanen data geografis, dan mengumpulkan sampel bebatuan Mars.

Disebutkan Badan Luar Angkasa Nasional China bahwa 'tugas-tugas teknis dilakukan secara mulus sesuai rencana' dan perlengkapannya saat ini dalam 'kondisi baik'.

Tonton Video: Rover Zhurog China Berhasil Meluncur ke Permukaan Planet Mars

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2