AS Longgarkan Imbauan Perjalanan untuk 110 Negara, Termasuk Indonesia?

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 16:18 WIB
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak
Ilustrasi (dok. Getty Images/iStockphoto)
Washington DC -

Otoritas Amerika Serikat (AS) melonggarkan imbauan perjalanan untuk lebih dari 110 negara dan wilayah terkait pandemi virus Corona (COVID-19). Apakah Indonesia termasuk yang dilonggarkan?

Seperti dilansir Reuters, Rabu (9/6/2021), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) melonggarkan rekomendasi perjalanan untuk 61 negara yang sebelumnya ditetapkan berada di Level 4, yang menyatakan level COVID-19 sangat tinggi di negara tersebut.

Level 4 yang ditetapkan CDC tidak menyarankan perjalanan hingga merekomendasikan perjalanan hanya untuk individu yang divaksinasi penuh.

Dituturkan juru bicara CDC bahwa sebanyak 50 negara lainnya diturunkan level rekomendasi perjalanannya ke Level 2 (level COVID-19 moderat) atau Level 1 (level COVID-19 rendah).

Negara-negara yang berada di level terendah untuk tingkat COVID-19 versi CDC sekarang mencakup Singapura, Israel, Korea Selatan, Islandia, Belize dan Albania.

Sementara negara-negara yang berada dalam daftar Level 3 kini terdiri atas Prancis, Ekuador, Filipina, Afrika Selatan, Kanada, Meksiko, Rusia, Spanyol, Swiss, Turki, Ukraina, Honduras, Hungaria dan Italia.

Departemen Luar Negeri AS juga turut melonggarkan imbauan perjalanannya dengan mendasarkan pada rekomendasi terbaru CDC. Diketahui bahwa ada 85 negara dan wilayah yang level imbauan perjalanannya dilonggarkan oleh AS.

Selanjutnya
Halaman
1 2