Macron Ditampar, Ini Jajaran Tokoh Dunia yang Diserang di Depan Umum

Novi Christiastuti - detikNews
Rabu, 09 Jun 2021 14:15 WIB
Paris -

Tidak hanya Presiden Prancis, Emmanuel Macron, yang ditampar saat menyapa warga, sejumlah pemimpin dan tokoh dunia lainnya di berbagai negara juga pernah diserang di depan umum. Bahkan beberapa dari mereka menjadi korban tindak penyerangan yang tergolong serius.

Seperti dilansir AFP, Rabu (9/6/2021), Macron ditampar seorang warga saat mengunjungi kota kecil Tain-l'Hermitage pada Selasa (8/6) waktu setempat. Pria yang menampar Macron itu telah ditahan dan tengah diinterogasi jaksa setempat.

Selain Macron, beberapa tokoh pemimpin lainnya juga pernah diserang di depan umum, berikut daftarnya:

- George W Bush Dilempar Sepatu

Mantan Presiden Amerika Serikat (AS), George W Bush, pernah dilempar sepatu oleh seorang jurnalis Irak bernama Muntazer al-Zaidi tahun 2008 lalu. Insiden itu menjadi tajuk utama secara global.

Insiden itu terjadi setelah Bush memerintahkan invasi Irak tahun 2001. Bush berhasil menghindari lemparan sepatu Al-Zaidi itu.

Namun belakangan dia melontarkan lelucon pada buku memoarnya, dengan menyatakan: "Saya harap saya bisa menangkap benda sialan itu. Pria itu memiliki gerakan lengan yang cukup cepat."

- Silvio Berlusconi Berdarah-darah Usai Diserang di Milan

Mantan Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi, kehilangan setengah liter darahnya setelah diserang dengan replika logam di Milan. Penyerangan terjadi di sebuah katedral setelah Berlusconi menggelar kampanye tahun 2009 lalu.

Berlusconi yang saat itu berusia 73 tahun juga kehilangan dua gigi dan mengalami patah tulang hidung akibat serangan itu. Akibatnya, dia harus menjalani pemulihan cukup lama termasuk melakukan bedah kosmetik dan perbaikan gigi.

- Jair Bolsonaro Ditusuk Saat Kampanye

Presiden Brasil, Jair Bolsonaro, ditusuk saat berkampanye untuk pemilu tahun 2018. Simpati publik mengalir untuk Bolsonaro pada saat itu.

Sementara Bolsonaro mengalami pemulihan dengan cepat, penyerangnya dikirimkan ke rumah sakit jiwa setelah mengklaim dia melakukan 'misi dari Tuhan'.

Selanjutnya
Halaman
1 2