International Updates

Jet Tempur Malaysia Cegat Pesawat Militer China, Warga China Kena Flu Burung

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 17:54 WIB
This handout photo from the Royal Malaysian Air Force taken on May 31, 2021 and released on June 1, 2021 shows a Chinese Peoples Liberation Army Air Force (PLAAF) Ilyushin Il-76 aircraft that Malaysian authorities said was in the airspace over Malaysias maritime zone near the coast of Sarawak state on Borneo island. (Royal Malaysian Air Force via AP)
pesawat militer China dicegat jet tempur Malaysia (Foto: Royal Malaysian Air Force via AP)
Jakarta -

Angkatan Udara Malaysia mengerahkan jet-jet tempurnya untuk mencegat pesawat-pesawat militer China yang terdeteksi menuju wilayah udara nasionalnya dan mengancam kedaulatan negara.

Seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (2/6/2021), dalam sebuah pernyataan, Angkatan Udara Kerajaan Malaysia atau Royal Malaysian Air Force (RMAF) mengatakan telah mengidentifikasi 16 pesawat Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) yang melakukan penerbangan mencurigakan di ruang udara zona maritim Malaysia, Kota Kinabalu Flight Information Region (FIR) dan mendekati wilayah udara nasional Malaysia pada Senin (31/5).

Pesawat-pesawat itu diidentifikasi oleh radar pertahanan RMAF di Sarawak pada pukul 11.53 pagi waktu setempat. Dikatakan bahwa pesawat-pesawat militer China itu mendekati wilayah udara Malaysia dengan "formasi taktis" dan terbang dalam jarak sekitar 60 mil laut dari pantai.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Rabu (2/6/2021):

- Kapal Angkatan Laut Iran Tenggelam Usai Terbakar di Teluk Oman

Sebuah kapal Angkatan Laut Iran tenggelam di Teluk Oman pada hari Rabu (2/6) setelah upaya untuk memadamkan kobaran api gagal. Untunglah, para awak berhasil meninggalkan kapal dalam keadaan selamat.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (2/6/2021), Angkatan Laut Iran dalam sebuah pernyataannya menyatakan, kapal tanker pengisian ulang armada Kharg tersebut terbakar pada hari Selasa (1/6) di dekat pelabuhan Jask di Teluk Oman.

Disebutkan bahwa kebakaran terjadi di salah satu sistem kapal. Namun, Angkatan Laut Iran tidak menjelaskan lebih lanjut.

Angkatan Laut Iran menyatakan, upaya pemadaman kebakaran berlanjut "selama 20 jam" sebelum kapal itu akhirnya tenggelam.

- Jalani Sidang Pertama, Aktivis Belarusia Tusuk Lehernya di Pengadilan

Seorang aktivis politik Belarusia menusuk dirinya sendiri di bagian leher di hari pertama persidangannya yang digelar pada Selasa (1/6) waktu setempat. Dia langsung dilarikan ke rumah sakit.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (3/6/2021), Viasna, sebuah kelompok HAM independen yang memantau persidangan Stepan Latypov, mengatakan mereka yakin aktivis itu mencoba bunuh diri di pengadilan menyusul tekanan dalam penahanan.

Ribuan aktivis oposisi dan pengunjuk rasa telah ditangkap dan diadili dalam tindakan keras terhadap demonstrasi antipemerintah yang terjadi sejak tahun lalu.

Latypov ditahan pada September tahun 2020 lalu dan diadili di ibu kota Minsk pada Selasa (1/6) waktu setempat atas berbagai tuduhan termasuk menciptakan simbol protes dan menentang penegakan hukum.

- Kata China Soal 16 Pesawat Militernya Dicegat Jet Tempur Malaysia

Militer Malaysia telah mengerahkan jet tempur untuk mencegat 16 pesawat militer China yang mencoba mendekati wilayah pantai Sarawak, dekat Laut China Selatan. Kementerian Luar Negeri Malaysia akan memanggil Duta Besar China di Kuala Lumpur untuk melayangkan nota protes diplomatik atas insiden penyusupan itu.

Namun, Kedutaan Besar China di Malaysia mengatakan bahwa pesawat-pesawat tersebut sedang melakukan pelatihan penerbangan rutin.

Simak juga Video: Laporan Rusia soal Pertama Kalinya Flu Burung H5N8 Menular ke Manusia

[Gambas:Video 20detik]