Kapal Angkatan Laut Iran Tenggelam Usai Terbakar di Teluk Oman

Rita Uli Hutapea - detikNews
Rabu, 02 Jun 2021 15:14 WIB
FILE PHOTO: An Iranian flag flutters in front of the International Atomic Energy Agency (IAEA) headquarters in Vienna, Austria, January 15, 2016.   REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo
ilustrasi (Foto: Dok. REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo)
Jakarta -

Sebuah kapal Angkatan Laut Iran tenggelam di Teluk Oman pada hari Rabu (2/6) setelah upaya untuk memadamkan kobaran api gagal. Untunglah, para awak berhasil meninggalkan kapal dalam keadaan selamat.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (2/6/2021), Angkatan Laut Iran dalam sebuah pernyataannya menyatakan, kapal tanker pengisian ulang armada Kharg tersebut terbakar pada hari Selasa (1/6) di dekat pelabuhan Jask di Teluk Oman.

Disebutkan bahwa kebakaran terjadi di salah satu sistem kapal. Namun, Angkatan Laut Iran tidak menjelaskan lebih lanjut.

Angkatan Laut Iran menyatakan, upaya pemadaman kebakaran berlanjut "selama 20 jam" sebelum kapal itu akhirnya tenggelam.

"Mengingat penyebaran api, misi untuk menyelamatkan Kharg gagal dan tenggelam di perairan Jask," kata Angkatan Laut Iran dalam pernyataannya.

Disebutkan bahwa bahwa kapal tersebut telah berangkat untuk "misi pelatihan" di perairan internasional beberapa hari yang lalu.

Tahun lalu, sebuah kapal perang Iran secara tak sengaja terkena tembakan selama latihan Angkatan Laut Iran di lepas pantai Jask, menewaskan 19 pelaut di dalam kapal.