Perang 1 Dekade di Suriah Tewaskan Nyaris Setengah Juta Orang

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 16:38 WIB
Setelah 10 tahun konflik, situasi anak-anak di Suriah tidak pernah seburuk ini. Hak-hak mereka dirampas, kerawanan pangan dan jatuhnya ekonomi.
perang Suriah telah menewaskan hampir setengah juta orang (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Perang satu dekade di Suriah dilaporkan telah menewaskan nyaris setengah juta orang. Jumlah tersebut mencakup 100.000 kematian yang baru-baru ini dikonfirmasi.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (1/6/2021), kelompok pemantau perang Suriah, Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, mengatakan konflik telah merenggut 494.438 nyawa sejak meletus pada 2011. Perang di Suriah berawal dari penindasan rezim Suriah terhadap aksi-aksi protes anti-pemerintah.

Menurut penghitungan sebelumnya, yang dikeluarkan oleh Observatorium pada bulan Maret tahun ini, mencapai lebih dari 388.000 orang tewas.

Observatorium sejak itu mengkonfirmasi tambahan 105.015 kematian setelah berbulan-bulan upaya dokumentasi yang didukung oleh jaringan sumbernya di lapangan.

"Sebagian besar kematian ini terjadi antara akhir 2012 dan November 2015," kata kepala Observatorium, Rami Abdel Rahman kepada AFP, merujuk pada tambahan data terbaru.

Menurut Observatorium, dari kematian yang baru-baru ini dikonfirmasi, lebih dari 42.000 adalah warga sipil, kebanyakan dari mereka tewas di bawah penyiksaan di penjara rezim Suriah.

Abdel Rahman mengatakan bahwa jeda dalam pertempuran memungkinkan organisasinya untuk menyelidiki laporan kematian yang tidak dimasukkan dalam penghitungan keseluruhan karena kurangnya dokumentasi.

"Ini memberi kami jendela untuk mendokumentasikan puluhan ribu kasus yang kami kekurangan bukti," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2