Assad Terpilih Jadi Presiden 4 Periode, Rakyat Suriah Gembira

Rita Uli Hutapea - detikNews
Jumat, 28 Mei 2021 11:49 WIB
Negara-negara Barat Mengutuk Proses Pemilu Suriah Tidak Sah
Foto: DW (News)
Jakarta -

Presiden Suriah Bashar al-Assad kembali memenangi pemilihan presiden (pilpres) di negara itu. Dengan kemenangannya ini, Assad terpilih kembali untuk menjadi presiden empat periode. Rakyat Suriah menyambut gembira kemenangan Assad.

Ketua parlemen Suriah mengumumkan pada Kamis (27/5) waktu setempat bahwa Assad meraih 95,1 persen suara, mengalahkan dua penantangnya yang nyaris tak dikenal.

Sebelumnya dalam pilpres yang digelar tahun 2014, Assad menang dengan meraih 88 persen suara. Poster-poster pemilu besar yang mengagungkan Assad telah menjamur di dua pertiga wilayah negara yang berada di bawah kendalinya menjelang pemungutan suara yang digelar hari Rabu (26/5) waktu setempat.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (28/5/2021), media pemerintah Suriah melaporkan, sebelum hasil pemilu diumumkan, puluhan ribu warga Suriah berkumpul pada Kamis (27/5) di berbagai kota untuk merayakan, sembari mengibarkan bendera Suriah dan membawa foto Assad.

Kemeriahan pun terjadi setelah panitia pemilihan umum, yang dikutip oleh TV lokal, mengatakan bahwa "proses penghitungan suara telah selesai di sebagian besar provinsi Suriah".

Kantor berita Suriah, SANA melaporkan, puluhan ribu orang di provinsi Tartus berkumpul di pinggir laut kota itu untuk merayakan kemenangan Assad yang telah diperkirakan banyak orang.

Dalam tayangan yang disiarkan televisi Suriah tampak sejumlah orang menari dan menabuh genderang.