Perang 1 Dekade di Suriah Tewaskan Nyaris Setengah Juta Orang

Rita Uli Hutapea - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 16:38 WIB
Setelah 10 tahun konflik, situasi anak-anak di Suriah tidak pernah seburuk ini. Hak-hak mereka dirampas, kerawanan pangan dan jatuhnya ekonomi.
perang Suriah telah menewaskan hampir setengah juta orang (Foto: Getty Images)

Dengan pasukan pemerintah telah merebut kembali sebagian besar wilayah Suriah dan gencatan senjata masih berlangsung di sepanjang garis depan utama di wilayah Idlib di barat laut, tingkat kekerasan saat ini berada pada titik terendah sejak dimulainya konflik.

Angka-angka baru yang diterbitkan oleh Observatorium menjadikan total korban tewas warga sipil menjadi 159.774 orang, dengan serangan oleh pasukan pemerintah Suriah dan milisi sekutu menjadi penyebab mayoritas kematian.

Observatorium juga mendokumentasikan total setidaknya 57.567 kematian di penjara dan pusat penahanan pemerintah sejak 2011, naik dari 16.000 kematian yang dikonfirmasi yang dilaporkan pada Maret lalu.

Kelompok tersebut juga melaporkan 168.326 kematian di antara tentara Suriah dan milisi sekutu.

Perang Suriah juga telah menewaskan 68.393 militan, sebagian besar anggota kelompok ISIS atau organisasi-organisasi yang terkait dengan Al-Qaeda, serta 79.844 orang pemberontak lainnya.

Presiden Bashar al-Assad, yang berkuasa sejak tahun 2000, terpilih kembali pada pilpres Mei 2021 untuk masa jabatan periode keempat.


(ita/ita)