Turki Longgarkan Pembatasan, Restoran Bisa Layani Dine In Mulai 1 Juni

Eva Safitri - detikNews
Selasa, 01 Jun 2021 04:39 WIB
Presiden Erdogan kutuk kaum muda LGBT di tengah gelombang unjuk rasa
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (Foto: BBC World)
Turki -

Turki akan melonggarkan pembatasan virus corona dengan mengizinkan kembali restoran untuk melayani makan di tempat. Pelonggaran itu mulai berlaku pada 1 Juni.

Dilansir dari AFP, Selasa (1/6/2021), Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, telah memerintahkan restoran tidak melayani makan di tempat sejak pertengahan April. Kala itu kondisi kasus Covid-19 meningkat tajam.

Kali ini, Erdogan mengatakan mulai 1 Juni, kafe dan restoran akan dapat melayani makan di tempat. Jam operasional mulai pukul 7 pagi hingga 9 malam, dan layanan takeaway hingga tengah malam.

Negara berpenduduk 84 juta itu menyaksikan angka infeksi virus hariannya melonjak melewati 60.000 pada bulan April. Akhir-akhir ini penambahan kasus Covid harian turun di bawah 10.000.

Dalam sehari terakhir tercatat lebih 6.500 kasus. Setelah negara itu melakukan penguncian penuh pertama antara 29 April dan 17 Mei.

Sebelum itu, Erdogan telah memilih untuk memerintahkan penguncian akhir pekan daripada tindakan pengurungan yang lebih lama seperti negara-negara Eropa.

Sejak pertengahan Mei, penutupan akhir pekan akan berakhir pekan ini, tetapi warga masih harus tetap di rumah pada hari Minggu, kata Erdogan setelah rapat kabinet.

Gym juga bisa dibuka kembali mulai Selasa, sementara pernikahan akan diizinkan berlangsung di area dalam dan luar ruangan.

Erdogan mengatakan akan ada "pemulihan bertahap ke normal", menambahkan langkah-langkah yang diumumkan akan dilakukan pada bulan Juni dan para pejabat akan menilai kembali situasinya untuk bulan depan.

Perguruan tinggi akan dapat memulai tahun ajaran baru pada 13 September, katanya juga.

Murid sekolah dasar akan kembali ke ruang kelas dua hari dalam seminggu. Siswa sekolah menengah dan atas akan melakukan hal yang sama mulai 7 Juni, kata kementerian pendidikan.

(eva/eva)