Erdogan Resmikan Masjid di Alun-alun Istanbul

Isal Mawardi - detikNews
Sabtu, 29 Mei 2021 02:11 WIB
President of Turkey Recep Tayyip Erdogan makes a statement after chairing the cabinet meeting in Ankara, on December 14, 2020. (Photo by Adem ALTAN / AFP)
Recep Tayyip Erdogan (Foto: AFP/ADEM ALTAN)
Istanbul -

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan meresmikan sebuah masjid di alun-alun Taksim, Istanbul. Erdogan berharap masjid tersebut akan bertahan hingga akhir zaman.

"Masjid Taksim sekarang menempati tempat yang menonjol di antara simbol-simbol Istanbul," kata Erdogan seperti dilansir AFP, Sabtu (29/5/2021).

"Insya Allah, itu (masjid) akan bertahan sampai akhir zaman," lanjut Erdogan.

Disambut Ribuan Warga Turki

Peresmian Masjid Taksim disambut dengan antusias ribuan warga Turki. Mereka memanjatkan doa bersama hingga masjid seketika terisi penuh.

"Ada terlalu banyak orang dan tidak cukup (berdoa) di masjid. Tuhan memberkati mereka yang membuat ini terjadi," kata warga Turki, Abuzer Koc.

Masjid tersebut dapat menampung 4.000 jamaah. Masjid dibangun dengan kolaborasi gaya Ottoman dengan fitur-fitur kontemporer.

Kenangan Erdogan

Saat pertama kali menjabat sebagai Wali Kota Istanbul pada 1990-an, Erdogan menyesalkan tidak adanya masjid di Lapangan Taksim. Kini ia sangat puas dengan peresmian Masjid Taksim.

"Bahkan tidak ada ruang salat dan umat harus puas dengan berdoa di atas koran di lapangan," kenang Erdogan.

(isa/isa)