Hamas Janji Tak Akan Ambil Dana Bantuan untuk Bangun Gaza

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 27 Mei 2021 10:46 WIB
Serangan udara Israel selama 11 hari di Jalur Gaza mengakibatkan sejumlahlah bangunan rusak. Begini penampakannya.
Dampak kerusakan di Jalur Gaza akibat gempuran Israel selama 11 hari (AP Photo)
Gaza City -

Kelompok militan Hamas yang menguasai Gaza bersumpah tidak akan menyentuh 'satu sen pun' dana bantuan internasional untuk membangun kembali Gaza, usai digempur Israel.

Seperti dilansir AFP, Kamis (27/5/2021), penegasan itu disampaikan kepala sayap politik Hamas, Yahya Sinwar, dalam konferensi pers di Gaza City pada Rabu (26/5) waktu setempat.

Sinwar menjanjikan penyaluran bantuan yang 'transparan dan tidak memihak' setelah konflik berdarah selama 11 hari antara Hamas dan Israel.

Upaya-upaya diplomatik sedang dilakukan untuk memperkuat gencatan senjata antara Hamas dan Israel yang dimediasi Mesir itu. Upaya juga dilakukan untuk memuluskan rencana pembangunan kembali Gaza setelah banyak infrastruktur dan bangunannya hancur akibat gempuran Israel.

"Kami menyambut baik setiap upaya internasional atau upaya Arab untuk membangun kembali Jalur Gaza," ucap Sinwar dalam konferensi pers tersebut.

"Saya menegaskan komitmen kami untuk tidak mengambil satu sen pun yang dimaksudkan untuk pembangunan kembali dan upaya kemanusiaan," tegasnya.

"Kami tidak pernah mengambil satu sen pun di masa lalu," imbuh Sinwar.

Simak video 'AS Janji Gelontorkan Rp 1 Triliun untuk Bangun Kembali Gaza':

[Gambas:Video 20detik]