Round-Up

Puja-puji 'Pahlawan' Bagi Penangkap Penyerang Khatib Masjidil Haram

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 23 Mei 2021 21:06 WIB
Screenshot video percobaan serangan terhadap khatib Salat Jumat di Masjidil Haram, Mekah (Facebook)
Screenshot video percobaan serangan terhadap khatib Salat Jumat di Masjidil Haram, Mekah (Foto: Facebook)
Arab Saudi -

Pujian diberikan kepada seorang petugas keamanan Arab Saudi usai terekam mencegat penyerang khatib Jumat di Masjidil Haram. Pria tersebut disebut-sebut sebagai pahlawan.

Seperti dilansir Arab News, Minggu (23/5/2021), juru bicara kepolisian wilayah Makkah mengumumkan pasukan keamanan Masjidil Haram menangkap seorang pria yang mencoba mencapai mimbar dari tempat imam menyampaikan khotbah salat Jumat di Masjidil Haram. Pria berpakaian ihram dan membawa tongkat itu diketahui sempat berlari dan berhasil dicegat.

"Seorang pria yang berupaya menyerang mimbar yang menjadi lokasi imam menyampaikan khotbah sebelum Salat Jumat di Masjidil Haram telah ditangkap," demikian pernyataan Kepolisian Mekah via Twitter.

"Pria itu, mengenakan ihram dan mengacungkan tongkat, dengan cepat ditangkap dan prosedur hukum terhadapnya telah dilakukan," imbuh pernyataan Kepolisian Mekah.

Sosok sang petugas keamanan bernama Mohammed Al-Zahrani dielu-elukan usai jadi orang pertama yang mencegat pelaku dan menjatuhkannya ke tanah. Posisinya berada tak jauh dari berdirinya Syeikh Bandar Al Baleelah yang sedang menyampaikan khotbah salat Jumat.

Akibat aksi heroik Al-Zahrani, pelaku penyerangan berhasil dibawa keluar dari masjid dengan bantuan petugas keamanan lainnya. Ia disebut bak "pahlawan" hingga mendapatkan banyak ucapan terima kasih dari orang-orang Saudi atas usahanya di media sosial.

Posisi Pengkhotbah

Diketahui Syeikh Al Baleelah berada di atas mimbar berwarna putih berdasarkan foto yang diunggah akun Twitter resmi Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, Jumat (21/5/2021). Mimbar berada tepat di belakang bangunan Ka'bah.

Sejumlah petugas berseragam lengkap terlihat berjaga di depan mimbar saat khotbah salat Jumat berlangsung. Tampak juga para jemaah salat Jumat yang berdiri dan duduk.

Saat kejadian, petugas keamanan berhasil mengamankan penyerang hingga ibadah salat Jumat dilanjutkan. Sheikh Baleelah bahkan tetap melanjutkan khotbahnya.

Pada 30 Maret lalu, penyerangan juga terjadi di Masjidil Haram. Seorang pria menodongkan sebilah pisau usai salat Asar di lantai pertama Masjid namun berhasil ditangkap pasukan keamanan. Pada Oktober 2020, sebuah mobil menabrak salah satu gerbang Masjidil Haram yang sempat memicu kekhawatiran publik.

Juru bicara otoritas Mekah, Sultan Al Dosari, menuturkan bahwa mobil itu menabrak salah satu gerbang masuk ke Masjidil Haram. Penyelidikan mengungkapkan bahwa mobil tersebut hilang kendali sebelum akhirnya menabrak gerbang. Disebutkan juga bahwa pria Saudi itu diadili terkait insiden ini.

(izt/eva)