International Updates

Pria Serang Khatib Jumat Masjidil Haram, Biden Minta Palestina Akui Israel

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 18:39 WIB
Jakarta -

Seorang pria yang membawa tongkat ditangkap setelah berupaya menyerang khatib Salat Jumat di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, bersikeras memperjuangkan solusi dua negara untuk konflik Israel-Palestina sembari meminta Palestina mengakui negara Israel.

Percobaan penyerangan di Masjidil Haram pada Jumat (21/5) waktu setempat terekam video yang menunjukkan seorang pria tiba-tiba berlari mendekati mimbar, namun dia gagal mendekati sang khatib Salat Jumat dan langsung disergap oleh petugas keamanan yang berjaga di lokasi.

Sementara itu, dalam konferensi pers di Gedung Putih, Biden menyebut bahwa pembentukan negara Palestina berdampingan dengan negara Israel menjadi 'satu-satunya jawaban' untuk konflik tersebut. Namun dia juga mencetuskan agar Palestina juga mengakui hak keberadaan Israel.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (22/5/2021):

- Penghormatan untuk Palestina, Iran Pamerkan Drone Baru 'Gaza'

Garda Revolusi Iran memamerkan sebuah drone tempur baru yang diberi nama 'Gaza' sebagai wujud penghormatan untuk Palestina. Drone tempur baru ini diungkap ke publik beberapa jam setelah gencatan senjata disepakati oleh Israel dan Hamas yang menguasai Gaza.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (22/5/2021), drone tempur baru ini ditunjukkan ke publik dalam seremoni yang digelar Garda Revolusi Iran pada Jumat (21/5) waktu setempat. Komandan Garda Revolusi Iran, Mayor Jenderal Hossein Salami, hadir untuk menjelaskan kemampuan drone tempur tersebut.

"Penghormatan abadi untuk orang-orang (di Gaza) yang hari ini berdiri melawan invasi dan agresi Zionis," ucap Salami seperti dikutip media lokal Sepah News, saat menjelaskan alasan penamaan drone itu dengan 'Gaza'.

- Bawa Tongkat, Motif Pria Serang Khatib Jumat di Masjidil Haram Misterius

Seorang pria yang berusaha menyerang khatib Salat Jumat di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, tampak membawa sebuah tongkat. Motif pria itu melakukan upaya penyerangan ini masih misterius atau belum diketahui secara jelas.

Seperti dilansir Gulf Today, Sabtu (22/5/2021), pria yang tidak diketahui identitasnya itu telah diamankan petugas keamanan yang berjaga di sekitar mimbar, sebelum sempat melancarkan serangannya.

"Seorang pria yang berupaya menyerang mimbar yang menjadi lokasi imam menyampaikan khotbah sebelum Salat Jumat di Masjidil Haram telah ditangkap," demikian pernyataan Kepolisian Mekah via Twitter.

Selanjutnya
Halaman
1 2