Round-Up

Kala Khatib Salat Jumat di Kota Suci Diserang Pria Bertongkat

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 22 Mei 2021 20:32 WIB
Screenshot video percobaan serangan terhadap khatib Salat Jumat di Masjidil Haram, Mekah (Saudi Gazette)
Foto: Screenshot video percobaan serangan terhadap khatib Salat Jumat di Masjidil Haram, Mekah (Saudi Gazette)
Mekah -

Syeikh Bandar Al Baleelah hendak diserang oleh seorang pria bertongkat saat menjadi khatib salat Jumat di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. Motif pria yang juga memakai pakaian ihram itu masih misterius.

Seperti dilansir Gulf Today, Sabtu (22/5/2021), ada pria yang berusaha menyerang khatib. Pria yang tidak diketahui identitasnya itu telah diamankan petugas keamanan yang berjaga di sekitar mimbar, sebelum sempat melancarkan serangannya.

"Seorang pria yang berupaya menyerang mimbar yang menjadi lokasi imam menyampaikan khotbah sebelum Salat Jumat di Masjidil Haram telah ditangkap," demikian pernyataan Kepolisian Mekah via Twitter.

Disebutkan bahwa pria itu membawa sebuah tongkat saat berlari mendekati mimbar, sebelum akhirnya diamankan petugas keamanan.

"Pria itu, mengenakan ihram dan mengacungkan tongkat, dengan cepat ditangkap dan prosedur hukum terhadapnya telah dilakukan," imbuh pernyataan Kepolisian Mekah.

Khatib Syeikh Baleelah

Berdasarkan akun Twitter resmi Presidensi Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, saat itu yang sedang menjadi khatib salat Jumat (21/5/2021) adalah Syeikh Bandar Al Baleelah. Syeikh Baleelah termasuk salah satu imam di Masjidil Haram.

Dari foto yang diunggah akun tersebut, Syeikh Bandar Al Baleelah tampak memakai kacamata hitam lengkap dengan pakain putih. Sedangkan para jamaah memakai pakaian ihram. Sebagian tampak memakai payung di tengah teriknya matahari.