Israel-Palestina Gencatan Senjata, Kantor Pemerintahan di Gaza Kembali Buka

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 23 Mei 2021 01:56 WIB
Israel terus menggempur jalur Gaza. Sejumlah bangunan pun rusak parah akibat hantaman roket tersebut.
Foto: Dampak Usai Konflik Israel-Palestina (AP Photo)
Gaza -

Israel dan Hamas telah sepakat untuk melakukan gencatan senjata. Perkantoran di Jalur Gaza pun dilaporkan akan segera beroperasi kembali.

Seperti dilansir AFP, Minggu (23/5/2021), Otoritas Gaza menyampaikan kantor-kantor pemerintahan di Gaza akan kembali beroperasi mulai hari ini. Keputusan itu diambil setelah disepakatinya gencatan senjata antara Israel dan Hamas setelah 11 hari konflik Israel dan Palestina yang memakan ratusan korban.

"Jam kerja resmi kembali ke semua kementerian dan lembaga pemerintah mulai besok Minggu pagi," ucap otoritas tersebut.

Sebelumnya diberitakan, setelah gencatan senjata dicapai, Hamas mengklaim kemenangan dalam konflik dengan Israel. Hal itu disampaikan tokoh senior biro politik Hamas, Khalil al-Hayya, di hadapan warga Gaza, yang merayakan kesepakatan tersebut yang menambah kabar berita terkini Palestina.

"Ini adalah euforia kemenangan," kata Khalil seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (21/5/2021).

Hamas menyebut pertempuran selama 11 hari lamanya sebagai perlawanan sukses atas musuh yang lebih kuat secara militer dan ekonomi.

Warga Gaza Turun ke Jalan

Warga Gaza turun ke jalanan Gaza sambil meneriakkan takbir merayakan gencatan senjata yang diumumkan. "Allahuakbar... Alhamdulillah...," teriak warga Gaza merayakan gencatan senjata, seperti dilansir Reuters, Jumat (21/5/2021).

Mobil-mobil memenuhi jalanan utama Gaza, dengan para pengemudi membunyikan klakson bersahutan dan melambaikan bendera dari jendela mobil.

Simak Video: Israel-Palestina Gencatan Senjata, Hamas: Ini Kemenangan Strategis

[Gambas:Video 20detik]



(maa/maa)