Terluka Akibat Serangan Israel, Ratusan Warga Gaza Dievakuasi ke Mesir

Rita Uli Hutapea - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 12:57 WIB
A Palestinian man carries a girl who was rescued from under the rubble of a destroyed residential building following deadly Israeli airstrikes in Gaza City, Sunday, May 16, 2021. The airstrikes flattened three buildings and killed at least 26 people Sunday, medics said, making it the deadliest single attack since heavy fighting broke out between Israel and the territorys militant Hamas rulers nearly a week ago. (AP Photo/Khalil Hamra)
ratusan warga Gaza yang terluka diangkut ke Mesir untuk dirawat (Foto: AP/Khalil Hamra)
Jakarta -

Lebih dari 250 warga Palestina yang terluka akibat gempuran Israel, telah dievakuasi ke Mesir untuk mendapat perawatan. Pemerintah Mesir pun menyerukan "konsesi" untuk mengakhiri konflik terbaru di wilayah Gaza dengan Israel.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Senin (17/5/2021), sumber medis Mesir mengatakan, tiga konvoi yang mengangkut total 263 warga Palestina melintasi pos perbatasan Rafah ke wilayah Sinai Utara, Mesir pada Minggu (16/5) waktu setempat.

Organisasi Bulan Sabit Merah Mesir di Sinai Utara mengatakan di halaman Facebook-nya bahwa tim darurat medis telah dikirim untuk membantu mengangkut korban.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi menginstruksikan pihak berwenang untuk "membuka rumah sakit-rumah sakit Mesir untuk menerima yang terluka dari Jalur Gaza", demikian media pemerintah Mesir melaporkan.

Israel telah memberlakukan blokade darat dan laut di Gaza sejak kelompok Hamas menguasai wilayah miskin tersebut pada tahun 2007. Gaza merupakan rumah bagi sekitar dua juta warga Palestina.

Rafah adalah satu-satunya jalur Gaza ke dunia luar yang tidak dikendalikan oleh Israel.

Otoritas Mesir membuka perlintasan Rafah pada bulan Februari, tetapi tetap dijaga ketat dan biasanya ditutup selama hari libur umum, seperti Idul Fitri minggu ini.

Simak juga Video: Muncul Aksi Dukungan Bagi Rakyat Palestina di Prancis

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2