International Updates

Palestina-Israel Bentrok di Al-Aqsa, India Catat 4.000 Kematian Corona Sehari

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 08 Mei 2021 18:29 WIB
Israeli security forces deploy amid clashes with Palestinian protesters at the al-Aqsa mosque compound in Jerusalem, on May 7, 2021. (Photo by Ahmad GHARABLI / AFP)
Pasukan keamanan Israel berada di kompleks Masjid Al-Aqsa saat bentrok dengan warga Palestina pada Jumat (7/5) waktu setempat (AFP/AHMAD GHARABLI)
Jakarta -

Bentrokan terbaru pecah antara warga Palestina dengan polisi Israel di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem. Otoritas India untuk pertama kalinya melaporkan lebih dari 4.000 kematian akibat virus Corona (COVID-19) dalam sehari di wilayahnya.

Bentrokan terjadi saat warga Palestina memprotes putusan sengketa tanah di Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, dengan sejumlah keluarga Palestina berpotensi digusur setelah pengadilan setempat memutuskan tanah mereka secara legal dimiliki oleh para pemukim Yahudi yang menggugat ke pengadilan.

Di India, untuk pertama kalinya lebih dari 4.000 kematian akibat Corona tercatat dalam sehari. Kematian tertinggi sebelumnya tercatat pada 6 Mei lalu saat India mencatat 3.980 kematian dalam sehari.

Selain berita tersebut, berikut ini berita-berita internasional yang menarik perhatian pembaca detikcom, hari ini, Sabtu (8/5/2021):

- Khamenei Sebut Israel Bukan Negara, Tapi Basis Teroris

Pemimpin tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, menyebut Israel bukan negara, tapi basis teroris. Hal itu disampaikan Khamenei saat berpidato dalam peringatan Hari Al-Quds yang merupakan acara tahunan untuk menunjukkan solidaritas bagi Palestina.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (7/5/2021), ketegangan semakin meningkat antara Iran dan Israel yang bermusuhan, terutama setelah terjadi serentetan serangan maritim, ledakan di fasilitas nuklir Iran dan pembunuhan ilmuwan nuklir terkemuka Iran, yang diduga didalangi Israel.

Iran tidak mengakui Israel sebagai negara dan mendukung perjuangan Palestina telah menjadi pilar kebijakan luar negeri dari Iran selama ini. Negara ini juga mendukung kelompok bersenjata seperti Hamas yang menguasai Gaza dan Hizbullah di Lebanon.

- Bentrok dengan Polisi Israel di Masjid Al-Aqsa, 178 Warga Palestina Luka

Sedikitnya 178 warga Palestina mengalami luka-luka dalam bentrokan dengan polisi Israel di Masjid Al-Aqsa, Yerusalem, pada Jumat (7/5) malam waktu setempat. Polisi Israel menggunakan peluru karet dan granat kejut terhadap warga Palestina yang melemparkan batu ke arah mereka.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (8/5/2021), bentrokan ini pecah saat kemarahan memuncak di kalangan warga Palestina terkait potensi penggusuran sejumlah keluarga Palestina dari rumah-rumah mereka yang tanahnya diklaim oleh para pemukim Yahudi yang menggugat ke pengadilan.

Dalam bentrokan ini, ribuan warga Palestina berhadapan dengan ratusan polisi Israel yang memakai perlengkapan antihuru-hara.

Lihat juga video 'Lawan Israel, Militan Palestina Latihan Militer hingga Tembakkan Roket':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2