Rel Layang di Meksiko Ambruk Saat Kereta Lewat, 13 Tewas-Puluhan Luka

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 12:32 WIB
Mexico City -

Salah satu bagian rel layang di Mexico City, Meksiko, ambruk saat dilalui rangkaian kereta api. Puing-puing rel layang ini berjatuhan ke ruas jalanan di bawah hingga mengubur sejumlah mobil.

Seperti dilansir AFP dan Associated Press, Selasa (4/5/2021), rekaman kamera keamanan atau CCTV dari lokasi kejadian yang disiarkan media-media setempat menunjukkan salah satu bagian rel layang di Mexico City itu ambruk pada Senin (3/5) malam waktu setempat.

Rangkaian kereta yang sedang melaju di rel layang itu pun terjatuh ke bawah, menimpa mobil-mobil yang ada di ruas jalanan di bawah rel layang tersebut. Sejumlah mobil dilaporkan terkubur reruntuhan.

Otoritas setempat menyebut sedikitnya 13 orang tewas dalam insiden ini. Laporan badan perlindungan sipil Mexico City menyebut sekitar 70 orang lainnya mengalami luka-luka.

Sekretaris pemerintah Mexico City, Alfonso Suarez del Real, menuturkan kepada media lokal, Milenio Television, bahwa korban luka telah dilarikan ke rumah sakit setempat.

Insiden ini terjadi pada Senin (3/5) malam, sekitar pukul 22.30 waktu setempat, tepatnya di rel kereta metro Line 12, yang pembangunannya diwarnai keluhan dan tuduhan penyimpangan.

Sebuah video lainnya menunjukkan paramedis dan petugas pemadam kebakaran setempat sedang memeriksa puing-puing rel layang yang ambruk dan bangkai kereta yang jatuh ke bawah. Setidaknya salah satu gerbong kereta yang rusak terlihat di tengah-tengah petugas penyelamat di lokasi.

Penyebab ambruknya rel layang ini belum diketahui pasti. Tidak disebutkan juga jumlah penumpang di dalam kereta yang terjatuh saat rel layang ambruk.

(nvc/ita)