Ledakan Bom di Myanmar, 5 Orang Tewas Termasuk Anggota Parlemen

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 04 Mei 2021 09:58 WIB
Warga Myanmar hingga kini masih melakukan unjuk rasa. Mereka menolak aksi kudeta yang dilakukan militer Myanmar.
Ilustrasi -- Myanmar dilanda kekerasan sejak kudeta militer dilancarkan pada 1 Februari lalu (dok. AP Photo)
Naypyitaw -

Ledakan yang berasal dari sebuah bom parsel menewaskan lima orang di Myanmar. Korban tewas termasuk seorang anggota parlemen setempat yang telah dilengserkan saat kudeta dan tiga polisi yang bergabung dengan gerakan pembangkangan sipil menentang junta militer Myanmar.

Seperti dilansir Reuters, Selasa (4/5/2021), sejak pemerintahan sipil yang dipimpin Aung San Suu Kyi dilengserkan kudeta pada 1 Februari lalu, Myanmar dilanda sejumlah ledakan kecil di berbagai area permukiman, dan terkadang menargetkan kantor pemerintah atau fasilitas militer.

Laporan media lokal, Myanmar Now, yang mengutip keterangan warga menyebut ledakan terbaru terjadi di sebuah desa yang ada di wilayah Bago Barat pada Senin (3/5) sore, sekitar pukul 17.00 waktu setempat.

Media lokal melaporkan bahwa tiga ledakan terjadi ketika setidaknya satu bom parsel meledak di salah satu rumah yang ada di desa tersebut. Ledakan itu menewaskan seorang anggota parlemen daerah dari Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) yang menaungi Suu Kyi, tiga polisi dan seorang warga setempat.

Seorang polisi lainnya mengalami luka parah setelah lengannya terputus akibat ledakan tersebut. Sang polisi telah dilarikan ke rumah sakit dan kini tengah menjalani perawatan medis.

Media lokal, Khit Thit Media, juga melaporkan ledakan tersebut dengan mengutip seorang pejabat NLD di wilayah tersebut yang enggan disebut namanya. Belum diketahui siapa yang bertanggung jawab atas ledakan bom ini.

Reuters tidak bisa memverifikasi secara independen laporan tersebut. Juru bicara militer Myanmar belum memberikan komentar resminya.

Lihat juga video 'Detik-detik Helikopter Militer Myanmar Jatuh Ditembak Pemberontak':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2