Biden Terbuka untuk Negosiasi dengan Korut Soal Denuklirisasi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 17:36 WIB
Joe Biden (Brendan Smialowski/AFP/Getty Images)
Presiden AS Joe Biden (Foto: Brendan Smialowski/AFP/Getty Images)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat Joe Biden terbuka untuk negosiasi diplomatik dengan Korea Utara tentang denuklirisasi. Demikian disampaikan Gedung Putih setelah menyelesaikan tinjauan kebijakan AS oleh pemerintahan baru.

"Tujuan kami tetap denuklirisasi penuh di semenanjung Korea," kata Sekretaris Pers Biden, Jen Psaki, kepada wartawan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (1/5/2021).

Psaki mengatakan, kebijakan AS akan melihat "pendekatan praktis yang terbuka dan akan mengeksplorasi diplomasi" dengan Korea Utara.

Psaki hanya memberikan sedikit indikasi tentang inisiatif diplomatik seperti apa yang dapat ditimbulkan dari kebijakan ini. Namun, dia mengatakan bahwa Biden telah belajar dari pengalaman pemerintahan sebelumnya, yang telah berjuang selama beberapa dekade untuk menangani kediktatoran di Korea Utara atau, dalam beberapa tahun terakhir, persenjataan nuklirnya yang berkembang.

Psaki mengatakan Washington tidak akan "fokus untuk mencapai kesepakatan besar," tampaknya mengacu pada jenis kesepakatan dramatis yang berlebihan yang pernah diharapkan tercapai saat mantan Presiden AS Donald Trump bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.

Gedung Putih juga tidak akan mengikuti pendekatan yang lebih kaku yang disebut "kesabaran strategis", yang didukung oleh Barack Obama, kata Psaki.

Pada bulan April, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in, yang akan mengunjungi Gedung Putih pada 21 Mei, mendesak Biden untuk terlibat langsung dengan Kim dalam denuklirisasi.

(ita/ita)