Tragis! Kebakaran di RS India, 16 Pasien COVID-19 Meninggal

Rita Uli Hutapea - detikNews
Sabtu, 01 Mei 2021 11:38 WIB
Jakarta -

Setidaknya 16 pasien COVID-19 dan dua perawat meninggal pada Sabtu (1/5) dalam kebakaran yang terjadi di sebuah rumah sakit di India. Ini merupakan kebakaran terbaru dari rentetan insiden serupa yang terjadi belakangan ini.

Kebakaran ini terjadi di saat rumah sakit di negara itu kewalahan menghadapi lonjakan kasus infeksi virus Corona yang sangat tajam.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (1/5/2021), ada sekitar 50 pasien lain di rumah sakit berlantai empat di Bharuch, di negara bagian Gujarat, India barat itu ketika kobaran api dimulai pada pukul 01.00 dini hari waktu setempat. Api telah berhasil dipadamkan saat ini.

Korban tewas mencapai 18 orang, kata pejabat polisi setempat Rajendrasinh Chudasama kepada AFP, "termasuk 16 pasien dan dua perawat."

"Penyelidikan awal mengungkapkan bahwa kebakaran itu terjadi karena korsleting di ICU rumah sakit," katanya.

Sebelumnya pada 23 April lalu, kebakaran di sebuah rumah sakit di pinggiran kota Mumbai menewaskan 13 pasien COVID-19. Ini terjadi hanya beberapa hari setelah kobaran api menewaskan 22 orang di klinik lain, juga di negara bagian Maharashtra.

Bulan lalu, 22 pasien virus Corona juga meninggal di rumah sakit di negara bagian Maharashtra, ketika pasokan oksigen ke ventilator mereka terganggu oleh kebocoran.

Sistem perawatan kesehatan India telah lama menderita kekurangan dana, dan pandemi Corona telah menyebabkan kekurangan oksigen, obat-obatan dan tempat tidur rumah sakit, dengan banyak pasien meninggal di luar rumah sakit di beberapa daerah.

Selanjutnya
Halaman
1 2