Round-Up

Kemunculan Duterte di Publik Mentahkan Rumor Meninggal Dunia

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 23:04 WIB
Manila -

Kemunculan presiden Filipina Rodrigo Duterte di hadapan publik pada Senin (12/4) waktu setempat mementahkan rumor yang beredar terkait dirinya. Ia diketahui sudah hampir dua minggu tak terlihat dengan rumor menyebut dia sakit bahkan yang terparah disebut telah meninggal dunia.

Seperti dilansir The Straits Times, Selasa (13/4/2021), diketahui pemimpin berusia 76 tahun itu terakhir kali terlihat pada 29 Maret lalu, ketika dia hadir untuk menerima pengiriman satu juta dosis vaksin COVID-19 yang dibuat oleh perusahaan China, Sinovac. Duterte juga mendadak tidak muncul untuk pidato mingguannya di televisi, ketika lebih dari 100 pengawalnya dinyatakan positif COVID-19.

Rumor kian merebak lantaran putri Duterte, yang juga Wali Kota Davao, Sara Duterte-Carpio, terbang ke Singapura minggu lalu.

Dalam penampilan perdananya, Duterte mengungkapkan sindiran terkait rumor yang beredar tentangnya.

"Jika Anda mau saya meninggal dunia lebih cepat, Anda harus berdoa lebih keras," kata Duterte, menyindir orang-orang yang menyebarkan desas-desus bahwa dia telah meninggal di Singapura setelah kesehatannya menurun.

Duterte juga mengatakan dirinya menghindari tampil di depan umum selama dua minggu untuk mengolok-olok para pencelanya.

"Saya seperti seorang anak kecil. Semakin Anda memprovokasi saya, semakin saya balas menggoda Anda," katanya.

Soal di mana dirinya berada selama dua minggu terakhir, Duterte mengatakan terus berada di dalam Malacanang, kompleks luas yang menampung kantor dan kediaman presiden Filipina. Ia menghabiskan waktu di sana untuk bekerja dan bahkan sesekali saat tengah malam, jogging, mengendarai sepeda motor, bahkan bermain golf.

Selanjutnya
Halaman
1 2