Beredar Rumor Duterte Sakit dan Meninggal di Singapura, Ini Faktanya

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Senin, 12 Apr 2021 14:42 WIB
In this photo provided by the Malacanang Presidential Photographers Division, Philippine President Rodrigo Duterte wears a protective mask as he meets members of the Inter-Agency Task Force on the Emerging Infectious Diseases in Davao province, southern Philippines on Monday Sept. 21, 2020. Duterte says he has extended a state of calamity in the entire Philippines by a year to allow the government to draw emergency funds faster to fight the COVID-19 pandemic and harness the police and military to maintain law and order. (Albert Alcain/Malacanang Presidential Photographers Division via AP)
Presiden Filipina, Rodrigo Duterte (Foto: Albert Alcain/Malacanang Presidential Photographers Division via AP)
Jakarta -

Beredar rumor bahwa Presiden Filipina Rodrigo Duterte sedang sakit, bahkan ada rumor yang menyebut dirinya telah meninggal. Kabar burung ini muncul setelah Duterte tidak pernah muncul di depan publik selama dua minggu berturut-turut. Namun, rumor itu ditepis oleh penasihat dan sejumlah asistennya.

Seperti dilansir The Straits Times, Senin (12/4/2021) disebutkan ada sejumlah rumor yang beredar terkait Duterte - salah satunya adalah bahwa dia menderita stroke ringan dan dibawa ke Singapura, bahkan disebut meninggal dunia di sana.

Diketahui sosok Duterte terakhir kali terlihat di depan umum pada 29 Maret lalu, ketika dia menerima pengiriman satu juta dosis vaksin Sinovac dari China. Duterte juga mendadak tidak muncul untuk pidato mingguannya di televisi, ketika lebih dari 100 pengawalnya dinyatakan positif COVID-19.

Rumor kian merebak lantaran putri Duterte, yang juga Walikota Davao, Sara Duterte-Carpio, terbang ke Singapura minggu lalu.

Menepis isu-isu tak sedap itu, senator Christopher Go, yang menjadi penasihat dan orang kepercayaan Duterte, memposting foto dan video pendek yang menunjukkan dirinya dan Duterte dalam keadaan sehat dan sedang bekerja di kantornya di Manila.

"Tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Padahal, kami bersama, dan dia terus bekerja," kata Go dalam unggahannya.

Sementara itu, Go juga membagikan foto-foto Duterte saat berjalan dan duduk di atas sepeda motor, di media sosialnya pada Sabtu lalu (10/4).

Lebih lanjut, juru bicara Duterte, Harry Roque mengatakan Presiden Filipina itu akan berpidato di hadapan masyarakat pada Senin (12/4) ini.

Sebuah sumber juga mengatakan kepada The Straits Times bahwa Duterte tidak pernah berada di Singapura, apalagi meninggal di sana.

Simak juga 'Saat Lebih 400 Ribu Dosis Vaksin Tiba di Manila':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2