Perkuat Hubungan Bilateral, AS Tempatkan 500 Tentara di Jerman

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Selasa, 13 Apr 2021 18:07 WIB
Latihan Militer Gabungan AS-Filipina
Ilustrasi tentara AS (Foto: AFP/Ted Aljibe)
Washington DC -

Amerika Serikat (AS) akan menempatkan lebih dari 500 personel militernya di Jerman dalam upaya untuk memperkuat hubungan bilateral. Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan AS, Lloyd Austin, pada Selasa (13/4) di awal kunjungan resmi pertamanya ke Eropa.

Seperti dilansir AFP, Selasa (13/4/2021) langkah itu menjadi terobosan baru di bawah pemerintahan Presiden Joe Biden, di mana pada era pendahulunya, Donald Trump, AS bersikap lebih keras bahkan mengurangi kehadiran pasukan AS di negara itu.

"Hari ini saya dengan senang hati mengumumkan bahwa kami akan meningkatkan kehadiran pasukan AS di Jerman," kata Austin kepada wartawan setelah berbicara dengan Menteri Pertahanan Jerman, Annegret Kramp-Karrenbauer.

"Saya memberi tahu Menteri tentang niat kami untuk secara permanen menempatkan tambahan sekitar 500 personel AS di wilayah Wiesbaden pada awal musim gugur ini," imbuhnya.

Pada bulan Februari lalu, Pemerintahan Biden mengatakan mereka akan menunda rencana penarikan kembali pasukan AS, sebuah langkah yang disambut hangat oleh pemerintah Jerman.

Diketahui AS telah menempatkan pasukannya di Jerman sejak Perang Dunia II. Jumlah pasukan menurun sejak runtuhnya Tembok Berlin dari sekitar 200.000 tentara pada tahun 1990 menjadi 34.500 saat ini.

Pada Juli tahun lalu, Trump menarik kembali 12.000 tentara AS dari Jerman, terutama di kota-kota yang telah membangun hubungan ekonomi dan budaya yang kuat dengan militer AS.

Dengan perubahan sikap yang mencolok, Austin berjanji bahwa Jerman akan terus menjadi mitra keamanan dan ekonomi yang penting bagi AS untuk beberapa tahun mendatang.

"Inilah mengapa memperkuat hubungan kami dengan Jerman menjadi prioritas utama bagi pemerintahan Biden-Harris," katanya.

Simak juga video 'Biden soal Polisi Tembak Pria Kulit Hitam: Sungguh Tragis!':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/nvc)