2 Kapal Perang AS Dikerahkan ke Laut Hitam, Rusia Prihatin

Novi Christiastuti - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 12:20 WIB
FILE PHOTO: Russian and U.S. state flags fly near a factory of Ford Sollers, a joint venture of U.S. carmaker Ford with Russian partners, in Vsevolozhsk, Leningrad Region, Russia March 27, 2019. REUTERS/Anton Vaganov/File Photo
Ilustrasi (dok. REUTERS/Anton Vaganov/File Photo)
Ankara -

Amerika Serikat (AS) akan mengerahkan dua kapal perangnya ke Laut Hitam, pekan depan. Pengerahan ini dilakukan saat Rusia tengah semakin menambah kekuatan militernya di perbatasan Ukraina bagian timur.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (10/4/2021), hal itu diungkapkan oleh otoritas Turki yang mengaku telah diberitahu oleh AS soal rencana pengiriman dua kapal perang itu. Disebutkan otoritas Turki bahwa dua kapal perang AS akan berlayar melintasi Selat Turki untuk dikerahkan ke Laut Hitam pada 14-15 April mendatang.

"Sebuah pemberitahuan dikirimkan kepada kami sekitar 15 hari lalu via saluran diplomatik bahwa dua kapal perang AS akan berlayar ke Laut Hitam sesuai dengan Konvensi Montreux. Kapal-kapal itu akan tetap berada di Laut Hitam hingga 4 Mei," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Turki pada Jumat (9/4).

Konvensi Montreux yang ditandatangani tahun 1936 memberikan Turki kendali atas Selat Bosforus dan Dardanelles, membatasi akses kapal perang Angkatan laut dan mengatur kapal kargo asing.

Diketahui bahwa pengerahan kapal perang AS ini dilakukan saat aksi kekerasan terjadi antara tentara Ukraina dan kelompok separatis pro-Rusia di Donbass. Presiden Rusia, Vladimir Putin, dalam percakapan telepon dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, menuduh Ukraina melakukan 'aksi provokasi berbahaya'.

Dalam tanggapannya, Pentagon atau Departemen Pertahanan AS menolak untuk membahas pernyataan Turki, namun menyatakan bahwa militer AS secara rutin mengirimkan kapal ke kawasan tersebut.

"Itu bukan hal baru," ucap juru bicara Pentagon, John Kirby, dalam pernyataannya merujuk pada kapal-kapal militer AS di Laut Hitam. Kapal-kapal perang AS memang diketahui berlayar ke Laut Hitam, termasuk sebuah kapal jelajah dan kapal penghancur pada akhir bulan lalu.

Selanjutnya
Halaman
1 2