Kecelakaan Beruntun di Jalan Raya Kongo, 24 Orang Tewas

Matius Alfons - detikNews
Sabtu, 10 Apr 2021 01:09 WIB
ilustrasi kecelakaan mobil dan truk, tabrakan
Foto: Ilustrasi Kecelakaan (Andhika Akbaryansyah)
Kongo -

Kecelakaan beruntun terjadi di Jalan Raya Utama di sebelah Barat Republik Demokratik Kongo. Akibat kecelakaan tersebut 24 orang dilaporkan tewas.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (10/4/2021), kecelakaan yang terjadi di wilayah Barat Kongo itu tak hanya menewaskan 24 orang tapi juga menyebabkan hampir 20 orang luka-luka. Kebakaran besar juga terjadi usai kecelakaan beruntun tersebut.

"Kecelakaan itu terjadi pada Kamis di Masamuna," kata Gubernur Provinsi Kwilu, Willy Itsundal.

"24 orang tewas," tambahnya.

Kecelakaan itu terjadi di Highway 1, antara ibu kota Kinshasa dan Kikwit. Kecelakaan tersebut disebut dipicu oleh pengendara mabuk yang mengendari kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

Sementara itu, Kepala Polisi Lalu Lintas di Masamuna, Jean Masini menyampaikan salah satu kendaraan menjadi penyebab terjadinya kebakaran usai kecelakaan beruntun tersebut. Kendaraan tersebut dilaporkan membawa bahan mudah terbakar seperti alkohol dan minyak sawit.

"Terjadi kebakaran karena bus itu membawa alkohol dan minyak sawit buatan rumah, yang merupakan produk yang mudah terbakar," katanya.

Sebelumnya, kejadian serupa juga pernah terjadi pada Oktober 2019. Saat itu 30 orang tewas ketika sebuah bus terbakar dan menabrak sebuah rumah di Matadi, di bagian barat negara itu.

(maa/maa)