2 Bocah Ekuador Dijatuhkan dari Tembok 4,2 Meter di Perbatasan AS-Meksiko

Novi Christiastuti - detikNews
Kamis, 01 Apr 2021 16:27 WIB
Tembok pemisah AS dan Meksiko terlihat membelah perbatasan kedua negara. Tembok yang menghabiskan dana Rp 287 triliun itu dibangun atas perintah Presiden Donald Trump.
Ilustrasi -- Perbatasan AS dan Meksiko (dok. Reuters)
Washington DC -

Dua bocah perempuan asal Ekuador ditinggal tanpa pendamping di tembok perbatasan Amerika Serikat (AS) dan Meksiko pada tengah malam, sebelum dijemput penjaga perbatasan. Keduanya diduga dinaikkan ke atas pagar dan dijatuhkan dari tembok perbatasan setinggi 14 kaki atau 4,2 meter oleh sindikat penyelundup manusia.

Seperti dilansir AFP, Kamis (1/4/2021), dua bocah yang baru berusia 3 tahun dan 5 tahun itu dijatuhkan dari ketinggian lalu ditinggal begitu saja di perbatasan AS-Meksiko pada tengah malam. Tidak ada orang dewasa yang mendampingi keduanya.

Petugas Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS (CBP) menemukan kedua bocah itu dan membawa mereka ke rumah sakit setempat.

"Pada Selasa (30/3) malam, seorang agen di Santa Teresa yang menggunakan teknologi kamera mengamati seorang penyelundup menjatuhkan dua anak kecil dari atas tembok perbatasan setinggi kira-kira 14 kaki," demikian pernyataan CBP.

Kedua bocah itu dibawa ke markas CBP di Santa Teresa, New Mexico, untuk diperiksa petugas medis, sebelum kemudian dibawa ke rumah sakit setempat sebagai tindakan pencegahan. Kini, kedua bocah itu berada dalam pengawasan CBP.

"Saya terkejut dengan cara para penyelundup ini secara keji menjatuhkan anak-anak tidak berdosa dari tembok perbatasan setinggi 14 kali semalam," ucap kepala agen patroli CBP, Gloria Chavez, dalam pernyataannya.

Chavez menuturkan bahwa agen-agen AS sedang bekerja dengan otoritas Meksiko untuk mengidentifikasi pihak yang bertanggung jawab.

"Jika bukan karena kewaspadaan agen kami yang menggunakan teknologi, dua bocah saudara kandung ini akan terpapar pada lingkungan gurun yang keras selama berjam-jam," sebutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2